Penjelasan Kulkas Halal, Seperti Apa Produksinya?

Informasi Kulkas Halal dan Cara Menyimpan Bahan Makanan



kulkas halal sharp
Ada apa dengan kulkas halal?

“Babam please help me take a scissors on the table, and cut with your hand here”, ucap Mamih ketika bengong memandangi kardus-kardus yang berisi belanja kebutuhan pokok via online. Karena hari itu kami berdua saja dirumah jadi mamih memutuskan untuk langsung belanja via smartphone saja untuk membeli sembako, hayo ada yang masih ingat apa aja ?. Seperti Beras, telur, minyak, daging yang mamih persiapkan untuk kebutuhan menjelang bulan Ramadhan.


Karena stoknya mamih rasa cukup jadi menyimpan semuanya didalam kulkas. Mamih masih belajar untuk memisahkan bahan pangan yang disimpan, contohnya sayur, daging, bumbu masak yang memiliki cara sendiri agar tetap awet dan terjaga di dalam kulkas. Mmaih jadi ingat dulu sebelum mengetahui cara menyimpan bahan makanan di kulkas, semua asal masuk saja sampai kadang lupa sudah lama mengendap dan kadaluarsa. Jadi sambil mengingat mamih mencari kembali di internet cara menyimpan bahan makanan di kulkas dan sambil cari ternyata ada kulkas halal.

What Kulkas Halal dari PT. SHARP Electronics Indonesia ? Gimana -gimana coba maksudnya, loh kok apa ada yang harus diteliti kembali yah untuk proses kulkas selama ini. Pas mamih tengok sih mamih dirumah juga pakai kulkas SHARP. Setau mamih karena awet dan ini udah lama sekali gak ganti kulkas, jadi penasaran karena sebelumnya mamih juga suka mengikuti tips memasak di instagram @Sharpcookingclub nah pas liat lagi emang beneran ternyata ada kulkas halal.

 

kulkas halal
kulkas halal dari MUI, gambar dari (https://www.sharp-indonesia.com)

Banyak juga komentar, meme terkait kulkas halal sendiri dan mamih masih netral karena belum memahami karena selama ini memang hanya tahu makanan, obat, dan kosmetik yang bersertifikat halal.

 

Simak :
Kosmetik halal bagaimana memilihnya ? 

Makanan sehat dan halal

Jadi sambil cari tahu informasi selengkapnya, mamih dihubungi untuk langsung meelihat kulkas di Karawang yang di produksi oleh PT SHARP Electronics Indonesia, bersama dr. Reisa Broto Asmoro juga Owner Dapur kami langsung mendapatkan konfirmmasi dan kejelasan mengenai kulkas bersertifikat halal.

Sebelum menjelaskan mamih ingin berbagi, cara sederhana mamih menyimpan bahan makanan di kulkas, supaya gak sering lupa lagi nih jadi langsung aja mamih tulis di sini yah.

Cara Sederhana Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas

Sebenarnya saat memiliki anak saja dan rutin menyimpan ASIP mamih mulai melek untuk melakukan pembenahan isi kulkas, mulai dari pemisahan daging bahan baku, daging frozen, nugget dan es batu di dalam freezer sampai pemisahan bahan baku makanan juga krim perawatan wajah.

Mulai dari freezer, pisahan makanan dengan es batu

Kulkas dengan satu atau dua pintu biasanya untuk keperun dirumah disediakan freezer sebagai tempat penyimpanan es. Untuk daging sapi, kambing, ayam, ikan dan sejenisanya mamih memberikan wadah sterofoam, atau wadah makanan plastik lalu di simpan didalam feezer dengan memisahkan jenis dagingnya.

Sebelum dimasak tentu saja di turunkan dulun hingga esnya agak mencair, setelah siap dimasak, di cuci dan dipotong lalu diolah seperti biasa. Untuk bahan makanan yang sudah diturunkan lagi biasanya langsung dimasak sekaligus, jadi sudah menimbang-nimbang berapa banyak bahan yang akan dimasak.

Untuk es batu atau es krim mamih lebih suka menggunakan wadah dari plastik yang banyak dijual dipasaran. Tentu saja saat menyimpan ASIP sepertinya freezer lebih banyak dan sudah penuh oleh ASIP, hihihi. Kalau dulu mati lampu suka kebingungan takut ASIP mencair sekarang sudah banyak yang menjual Ice Box untuk menjaga ASIP tetap pada suhu yang seharusnya.

Menyimpan Sayuran, buah dan bumbu

Untuk memnyimpan sayuran mamih juga tidak menggunakan kantong plasti, tetapi memindahkan dahulu kewadah plasik dan dipisahkan menurut jenis sayur atau buah-buahan tersebut. Begitu pula dengan beberapa bumbu dapur yang disimpan, karena memisahkannya untuk menghindari bercampurnya aroma dari sayur, bumbu ,atau buah tersebut.

Banyak dong wadahnya berarti, iyap sih banyak dan menjaga kulkas tetap rapi sehingga pemandangannya tidak berantakan,hahaha. Sebaiknya jangan dulu mencuci sayuran atau buah saat dimasukkan kedalam kulkas, karena air sisa dari sayuran dan buah tersebut akan membuat lembab dan menjadikan sayur serta buah tersebut lebih cepat membusuk.

Menyimpan Alat kosmetik

Biasanya ada beberapa skin care yang mamih simpan didalam kulkas tentu saja disimpan dalam wadah yang aman dan tertutup rapat. Sebelum masker digunakan biasanya mamih masukan dulu kedalam kulkas, supaya ada sensasi dingin dan semeriwing, tetapi tidak setiap kali maskeran sih. Kalau lagi panas hati aja makin bikin adem diwajah juga membatu hati yang berkecamuk rileks.

Sebelum masuk kedalam kulkas biasanya mamih juga selalu cek apakah makanan tersebut sudah di masukan kedalam wadah yang tepat dan benar-benar tertuptup rapat, hindari juga isi kulkas yang telalu penuh. Sebaiknya dirapikan dan berkala untuk dibersihkan agar mudah mencari bahan makanan yang akan di gunakan dan menjaga tetap bersih juga makanan selalu steril.

Tips sederhana yang mamih lakukan seiring berubahanya usia dan kedewasaan mamih, yang dulu mungkin selalu asal masukin segala macam ke kulkas, dan kalau minum dari botol langsung glek aja “dikokop” tanpa pakai gelas, duh jangan ditiru yah.

Sekarang balik lagi mengenai bahasan apa sih sebenarnya kulkas halal, jadi selama ini kita pakai yang gak halal dong ?. Sebenarnya ada sebuah pembaharuan dari PT. SHARP Electronics Indonesia untuk memberikan sebuah teknologi yang berupaya mengikuti kebutuhan masyarakat.

Apa alasan kulkas bersertifikat halal ?

pembuatan kulkas halal sharp
Di Dalam ruang pembuatan kulkas halal SHARP8

Jadi berhubung mamih langsung ke pabrik yang berada di Karawang, mamih ikut juga menyaksikan proses pembuatan kulkas dengan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI. Menurut MUI, halal memiliki 3 kategori yaitu Bahan pangan dan obat, Bahan Kosmetik dan Bahan gunaan. Kalau pernah juga ramai perihal obat atau vitain yang mengandung produk hewani yang dilarang, dan beberapa kandungan kosmetik dengan unsur hewani yang tidak halal, begitu juga termasuk barang gunaan, yang ditinjau kembali apakah mengandung unsur hewani yang dilarang.

Kulkas sendiri termasuk kategori barang gunaan, dan pertama kali PT SHARP Electronics Indonesia mengajukan atau mendaftarkan untuk diminta, diperiksa dan dicek sehingga mendapatkan sertifikat halal dari MUI.
Kepala Bidang Standar dan Jaminan Mutu Auditor LPPOM MUI, Muslich mengatakan sertifikat halal diraih dengan melewati berbagai pertimbangan. Sertifikasi kulkas Sharp memenuhi standar Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

“Kulkas halal Sharp ini dianggap telah memenuhi dua syarat utama yaitu kebijakan dan prosedur sertifikasi halal, dan memenuhi serta menerapkan sebelas kriteria Sertifikasi Jaminan Halal (SJH),”.

Sedangkan, untuk memperoleh sertifikat halalnya, harus menjalani serangkaian proses penilaian yang meliputi material, proses, hingga fasilitas produksi kulkas. Pengertian halal pada produk ini merujuk pada sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Saat ini Sharp Indonesia telah mengantongi sertifikat ini sejak 28 Maret 2018 lalu. Kulkas yang sudah dipasarkan sebelum 28 Maret 2018 memang sudah halal, namun belum tersertifikasi.
Seperti kategori diatas, kulkas bukan kategori produk pangan, namun barang gunaan. Barang gunaan wajib tersertifikasi halal menurut Undang-undang No. 3 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Produk lemari es bersentuhan langsung dengan berbagai produk makanan konsumsi, sehingga harus diyakini memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen di Indonesia.

Mamih juga baru mengerti nih, jadi belajar mengenai kategori halal yang disampaikan. Begitu juga PT. SHARP Electronics Indonesia yang juga sama-sama belajar dan berinovasi untuk memberikan teknologi terbaik dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Melihat proses produksi kulkas bersertifikat halal

pabrik sharp di karawangPabrik SHARP Karawang

 

Dari pemaparan sebelum melihat produksinya, dijelaskan pula desain terbaru dari kulkas ini mengambil kekayaan dan keanekaragaman hayati di Indonesia, contohnya bunga mengkudu dan daun kelapa yang dilukas di depan pintu kulkas dengan sertifikat halal.

Memasuki ruang proses produksi para netizen yang diundang, juga dr. Reisa dan beberapa tamu undangan lain mengikuti tata tertib aturan agar aman saat melihat proses produksinya. Dimulai dari lempengan, perakitan hingga proses pengemasan semua bisa dilihat proses pengerjaannya. Disampaikan pula saat ini yang sangat terbaru dilengkapi ice box di dalam kulkas yang tahan hingga 3 jam bila terjadi pemadaman listrik, jadi makanan yang disimpan di dalam kulkas masih relatif aman hingga kurang lebih 3 jam lamanya.

 

Apa tujuan lemari es bersertifikat halal Kulkas halal atau lemari es dengan sertifikat halal memberikan sebuah tambahan dalam sebuah produk yang masyarakat butuhkan. PT SHARP Electronics Indonesia menekankan bahwa langkah yang diambil bukan bertujuan untuk marketing semata atau mendapatkan peningkatan penjualan yang signifikan, tetapi memberikan kenyamanan dan pilihan untuk masyrakat.

 

pabrik kulkas halal sharp
Melihat Kulkal Halal di Pabrik SHARP Karawang

Momen yang pas nih, menyambut bulan suci ramadhan, SHARP mengumumkan jika lemari es-nya sudah memiliki sertifikasi halal, kami tergerak untuk bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam menggunakan produk kami. Hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami kepada konsumen setia kami. Lemari es menjadi produk yang pertama SHARP yang memiliki sertifikasi halal, ini dikarenakan karena lemari es merupakan salah satu produk elektronik yang bersentuhan langsung dengan makanan & minuman yang dikonsumsi.

Ternyata lebih dari satu jam di dalam ruangan produksi mamih diberikan penjelasan terkain bahan baku material, proses produksi, juga ada sistem manajemen yang khusus sehingga kulkas SHARP mendapatkan sertifikat halal. Ada yang berkomentar juga loh, semakin galau jomblo-jomblo diluar sana kulkas aja halal, lalu jomblo kapan bro halalnya.

Generasi milenial gimana nih pendapat kamu mengenai adanya sertifikat halal terhadap barang gunaan salah satunya kulkas, karena memang kulkas dari SHARP pertama kali mendapatkan sertifikat halal tetapi ada barang gunaan lain yang terlebih dulu mendapatkan sertifikat halal.
Kalau dirumah mamih memang ada kulkas SHARP yang cukup lama usianya, ternyata memang SHARP memiliki berbagai jeni atau tipe lemari es dengan berbagai teknologi terbaru, kalau kualitas awet sih memang sudah mamih buktikan.

Kalau beli kulkas baru lagi, hmm masih sayang sama yang kulkas SHARP lama. Mungkin klau punya rumah baru kali yah, beli kulkas baru juga hahaha, atau THR tahun ini beli kulkas baru?.

Tentunya dengan adanya salah satu hal baik dari PT. SHARP Electronics Indonesia memberikan juga kualitas dan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen setianya di Indonesia. Informasi terkait dan ingin lebih dekat lagi mengenai PT. SHARP Electronic Indonesia dan produk yang lain bisa langsung di cek keberadaan media sosial  dari SHARP disini yah.

Instagram @SharpIndonesia

Coba cek ada cemilan apa didalam kulkas kamu huhuhu, bagi dong.

Spread the love
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *