Tanggap yang Lengkap Untuk Kepedulian Anak

Tanggap yang Lengkap


Mamih setuju ketika ada pemahaman dimana orang tua tidak hanya mendidik buah hatinya untuk menjadi pintar, tetapi juga menggali karakter anak agar dapat peduli, peka, santun sehingga memiliki tanggap yang lengkap yang merupakan ciri anak hebat.

Permasalahannya yang mamih hadapi tentu saja juga menjadi hal yang wajar ketika mamih agak bimbang nih, stimulasi apa saja yang mamih dapat berikan untuk Babam agar ia menjadi anak tanggap yang lengkap. Beruntung dalam dunia digital banyak sekali konten positif dan mamih bisa langsung mencari tahu melalui Bebeclub serta menjdi salah satu orang tua beruntung yang berkesempatan untuk ikut blogger gathering bersama Bebelac. 

Mamih sangat ingat sekali ketika mengikuti event dari Bebelac selalu mendapatkan insight positif untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Babam. Apalagi selalu menghadirkan nara sumber yang berbagi tips dalam mendidik si kecil sesuai dengan usia. Mamih juga diajak interaksi, sekaligus konsultasi bersama teman blogger yang lain shingga jadi sebuah wadah dalam sharing atau diskusi seputar dunia parenting untuk anak balita.

Babam hadir dalam Blogger Gathering

Dalam event Blogger Gathering bersama Bebelac kemarin, ditekankan sebuah perkembangan yang bisa di capai si kecil yakni Tanggap yang lengkap sebagai ciri anak hebat. Apa saja aspek yang meliputi tanggap yang lengkap ? dan bagaimana cara agar si kecil memiliki karakter positif tanggap yang lengkap ?, Berikut penjelasannya.


Apa itu Tanggap yang lengkap ?


Anak hebat dengan tanggap yang lengkap, memerlukan keseimbangan perkembangan yang optimal antara kecerdasan intelektual, rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menyediakan kesempatan agar ketiga aspek ini terstimulasi dengan baik.

Untuk menjadi anak hebat harus memenuhi Tanggap yang lengkap


Kecerdasan intelektual dan perkembngan otak

Tanggap yang Lengkap dimulai dari perkembangan otak yang baik. Jika perkembangan otak si Kecil baik, maka Ia mampu menerima dan mengolah stimulasi yang Ibu berikan dengan optimal. Orang tua harus memperhatikan tahapan perkembangan sikecil yang bisa dilihat melalui apa yang telah dapat dilakukan sikecil yang sesuai dengan usia perkembangannya.


Rasa Peduli 

Mulai semenjak dini, orang  tua menjadi role model untuk anaknya, ketika dirumah anak selalu melihat dan mengingat interaksi yang dilakukan orang tua. Tidak hanya interaksi bersama anak, tetapi ketika orang dewasa melakukan interaksi anak-anak juga dapat menyerap peristowa tersebut. Untuk itu melakukan hal baik juga dilakukan dahulu pembiasaan yang orang dewasa lakukan.


Bersosialisi

Ramah kepada teman, pintar bergaul, mau berbagi dan selalu ceria terhadap sesama juga merupakan hal yang dapat dilatih kepada si kecil agar iya mampu bersosialisasi di lingkunga sekitar dengan baik.

Pintar secara akademis saja tidak cukup! Si Kecil perlu didukung kecerdasannya secara lengkap yang mencakup kecerdasan otaknya, rasa peduli dan kemampuan bersosialisasinya. Jadi dalam event Blogger Gathering kali ini juga dijelaskan oleh nara sumber yang hadir antara lain,  dr. Nur Aisiyah Widjaja, SpA(K) seorang Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak yang biasa dipanggil dr. Nuril, Gisella Anastasia dan Gempita Nora Marten (Ibu dan Anak selebriti), dan Roslina Verauli, Mpsi seorang Psikolog Anak.  Melalui talkshow ini, Dari penjelasan diatas mamih jadi mengetahui cara menumbuhkan anak yang hebat, yang tidak cukup hanya pintar otaknya tapi juga Tanggap yang Lengkap.


Talkshow Stimulasi dan Nutrisi untuk Tanggap yang Lengkap

Talkshow bersama

Pada saat event blogger gathering ini, tidak hanya teman blogger saja yang hadir tetapi juga seleb moms yang mendukung anak-anak Indonesia menjadi anak tanggap yang lengkap dan menjadi anak yang hebat. Disediakan juga playground serta media untuk meningkatkan kreatifitas anak seperti, pensil warna, juga papan bermain untuk membuat pop up berolahraga bulu tangkis bersama keluarga.

Seperti yang dijelaskan Ibu Roslina Verauli yang merupakan psikolog keluarga, sangat setuju dengan mendukung anak menjadi tanggap yang lengkap tentu saja. Untuk memberikan stimulasi kepada anak bisa dimulai dari rumah dan orang terdekat yaitu orang tua dalam meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Rasa Peduli dan Pintar Bersosialisasi. Dalam mengasuh anak tanggapnya lengkap, selain perlu memberikan stimulasi yang tepat, orang tua juga perlu memastikan anak memiliki panutan dalam berperilaku sehari-hari, sehingga pengetahuan yang mereka dapat, mereka terapkan juga ke lingkungan sehari-hari. Anak perlu melihat bahwa ayah ibunya dengan senang hati menawarkan bantuan tanpa diminta kepada anggota keluarga yang lain, atau orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk memberikan bantuan kepada teman, tetangga, saudara, atau makhluk hidup lain di sekitarnya yang sedang mengalami kesulitan.


Games Mengharukan


Duo bumil ikutan games seru

Ditambahkan pula tips-tips untuk mengendalikan diri terutama untuk Ibu dala mendidik dan mengikuti pertumbuhan serta perkembangan anak dirumah. Para undangan Bloggers dan Seleb Moms diberikan 2 kertas berwarna merah dan biru. 


Lalu Ibu Verauli memberikan pertanya seputar hal-hal negatif yang dilakukan orang tua kepada anak. Seperti berbicara dengan nada tinggi, menatap anak dengan tatapan marah, apakah hal-hal itu pernah dilakukan atau tidak kepada anak. Jika iya dituliskan dikertas yang berwarna merah dan beberapa peserta mulai menuliskan secara jujur dan penuh kebijaksanaan, begitu juga mamih yang sebagai orang tua juga butuh terus mengasah kesabaran dan belajar dalam mengaplikasikan hal-hal yang baik kepada anak.


Kalau tadi hal negatif, tentu banyak sekali dong yang positifnya. Selanjutnya menuliskan hal-hal baik di lembaran kertas warna biru seperti, mengucapkan I Love Yu, mmemberikan pelukan dan ciuman kepada si kecil, memberikan respon baik ketika berhasil melakukan sebuah prestasi keseharian dan yang lain tentu saja lebih banyak baris tulisan dalam lembaran biru. Pada akhirnya lembaran merah di remas-remas, digenggam dan dibuang jauh-jauh serta berkomitmen sebisa mungkin tidak mengulangi hal yang negati tadi.


Evaluasi pada lembaran merah yang merupakan negative parenting dan tidak disarankan untuk terus memberikan hal-hal negative atau label pada anak. Karena hal tersebut ibarat sampah yang dibuang dan diterima oleh anak anak menjadi kumpulan hal-hal negatif yang justru berakibat memberikan dampak yang buruk untuk si kecil. Contohnya ketika melabel anak yang susah diatur, atau anak nakal akan terus melekat pada diri si anak yang akan sulit untuk dirubah.


Jadi ketika mamih memberikan tulisan pada lembaran yang biru (positif), mamih telah melakukan hal-hal untuk meningkatkan ketangguhan Babam, memasukkan kristal bening yang indah ke dalam otak anak. Saat anak merasa dirinya adalah individu yang kuat, maka anak akan membangun diri yang positif. Anak akan cenderung memiliki emosi yang positif, meningkatkan self esteem pada anak,  bahkan saat dia sedang dalam kondisi anak didera hal kurang baik. Emosinya akan terjaga juga mampu mengendalian diri. Anak yang punya penghayatan positif akan mampu berempati kepada orang lain. Hal tersebut yang merupakan akar dari kecerdasan sosial.


Sentuhan motivasi yang diberikan dalam event begitu melekat hingga mamih sangat membutuhkan suntikkan dukugan seperti wadah positif dalam Bebeclub. Momen dalam event ini juga langsung disiarkan melalui Live Streaming di Fan Page Bebeclub. Untuk mengetahui banyak materi dan pembelajaran untuk tumbuh kembang juga dapat dilihat melalui artikel yang ada dalam website resmi Bebelac yaitu Bebeclub.co.id.

Babam ikut interaksi juga loh

Untuk mencapai si kecil yang cepat tanggap mamih langsung nih mempraktekkan pada saat acara. Karena disediakan Playground dan media untuk berkreasi jadi mamih dan Babam juga asik sekali menghias dan menggambar cerita yang lagi Babam suka.

Banyak lagi keseruan yang akan mamih berikan, apalagi ketika sampai dirumah langsung deh kiita bersama mempraktekkan hal-hal positif yang dijelaskan oleh Psikolog keluarga Ibu Roslina Verauli.

Babam lagi apa ya??


Jangan dilupakan juga, untuk membentuk anak memiliki tanggap yang lengkap, nutrisi lengkap juga menjadi faktor penentu. Nutrisi yang cukup, lengkap, dan seimbang mempengaruhi daya serap otaknya untuk menyerap informasi, sehingga mereka dapat memaknai setiap pengalaman mereka menjadi pelajaran berharga dalam membentuk mereka menjadi anak cepat tanggap yang bisa menggunakan akalnya dalam menyalurkan kecerdasan emosi dan rasa pedulinya. 

Karena nutrisi juga memegang peranan penting untuk menumbuhkan anak yang hebat. Ibu Andi Airin Head of Brand Bebelac mengabarkan berita baru dari Bebelac yaitu Bebelac Baru dengan kemasan baru dan formula yang disempurnakan sebagai komitmen Bebelac yang mendukung tumbuh kembang anak. Susu Bebelac 3 & 4 bagus untuk perkembangan kecerdasan anak di masa emas mereka.

Bebelac Baru untuk Tanggap yang Lengkap


Produk Bebelac Baru disempurnakan dengan menambahkan minyak ikan dan Omega 6 untuk mendukung perkembangan otak anak. Juga ada FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta 13 Vitamin dan 9 Mineral. 


Selanjutnya mamih juga akan menuliskan nutrisi apa saja yang dibutuhkan si kecil ?, Bagaimana asupan panduan gizi yang lengkap ? dalam artikel yang berbeda. Akan ada cerita juga loh selama mamih menemani perkembangan dan pertumbuhan tahapan apa saja yang sudah dilalui dan apakah mamih sudah memberikan stimulasi Babam untuk menjadi anak Tanggap yang Lengkap ?. Akan ada cerita selanjutnya yang berbeda jadi tunggu artikel selanjutnya yah.

Spread the love

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *