Asupan Nutrisi Anak Tanggap yang Lengkap

Menyesuaikan Nutrisi untuk Petumbuhan dan Perkembangan Anak

Nutrisi untuk Perkembangan tanggap yang lengkap untuk anak hebat
Nutrisi untuk Perkembangan tanggap yang lengkap untuk anak

Siapa yang setuju kalau nutrisi itu penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak ? mungkin semua akan mengangkat tangan dan begitu juga mamih yang masih sangat setuju bahwa apa yang dikonsumsi anak dapat mempengaruhi pertumbuhannya dan perkembangannya. Semoga penjelasan berikut bisa memberikan sebuah sarana dalam menemani buah hati untuk menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap. Jelas orang tua wajib memperhatikan tumbuh kembang anak agar senantiasa optimal.

Pertanyaan lanjutan, apa semua nutrisi yang dibutuhkan anak sudah di penuhi ? hmm seperti mamih juga nih yang masih kadang bingung menu makanan apa lagi yang sesuai dengan Panduan Umum Gizi Seimbang. Mungkin sudah banyak yang membahasa mengenai pentingnya nutrisi untuk anak.

Perlu sekali terus di ingatkan kepada para orang tua, seperti mamih agar mendapatkan pemaparan yang penting mengenai hal ini secara terus menerus. Manfaat lainnya juga semakin bisa mengolah bahan makanan secara tepat dan banyak pilihan menu yang akan diolah. Biasanya mamih sudah mulai kebingungan dengan masalah menu hehehe.

tanggap lengkap bebelac
Bebelac Gathering Anak Hebat Tanggap Yang Lengkap

Di acara Blogger Gathering bersama Bebelac, diberikan suntikan materi juga nih aka pentingnya nutrisi untuk melengkapi kebutuhan anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. DR. Nuril Aisiyah Widjaja, SPA (K) mengungkapkan bahwa pada usia pertumbuhannya, anak – anak membutuhkan asupan nutrisi zat gizi mulai dari kalsium, protein, vitamin D, serat, antioksidan, hingga zat besi melalui makanan dan nutrisi pelengkap seperti susu. Karena nutrisi lengkap akan mempengaruhi anak dalam menyerap pengetahuan disekelilingnya untuk meningkatkan perkembangan kognitif, perkembanagan motorik anak juga kecerdasan emosional.

“Proses pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh 3 hal penting yaitu nutrisi, stimulasi dan genetik. Karena faktor genetik hanya memengaruhi 20% pertumbuhan anak, maka nutrisi dan stimulasi memiliki peranan yang besar dalam mengoptimalkan pertumbuhan otaknya. Yang perlu diingat oleh mamih ialah, bahwa anak – anak bukan orang dewasa, sehingga kebutuhan nutrisinya perlu lebih lengkap,” ungkapnya.

asupan nutrisi untuk tanggap yang lengkap
Nutrisi lengkap untuk anak hebat

Pemenuhan nutrisi untuk anak mulai dari asupan harian yang mencakup 3 kali makan, dan waktu untuk snack. Perhatikan kembali apakah dalam kesatuan menu harian tersebut sudah mencakup kebutuhan nutrisi si kecil. Sebenarnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, harus ada dalam menu makanan anak sehari-hari. Perbedaan yang ada hanya terkait kepada seberapa banyak yang dibutuhkan oleh anak-anak dan dewasa. Hal ini wajar sebab berbeda usia berbeda pula kebutuhan asupan gizi.

Mungkin sering melihat Panduan Gizi Seimbang dengan gambar piramida atau tumpeng, yang kesemuanya meruakan kebutuhan nutrisi yang harus dikonsumsi anak-anak. Jika tidak terpenuhi akan ada resiko kesehatan yang dialami si kecil. Sebaiknya menghindari seluruh resiko tersebut, dan demi pertumbuhan Babam mamih terus mengasah kreatifitas untuk pemenuhan menu dalam makanan keseharian Babam.

Yang dapat diperhatikan dalam mencapai Pedoman Umum Gizi Seimbang melalui piramida atau gambar tumpeng :
• Aneka ragam makanan sesuai kebutuhan,
• Kebersihan,
• Aktivitas fisik
• Memantau berat badan ideal.

Bebelac Baru Anak Hebat tanggap yang lengkap
Bebelac Baru Anak Hebat dan Tanggap yang Lengkap

Pada bagian bawah tumpeng terdapat prinsip Gizi Seimbang lain, yaitu pola hidup aktif dengan berolahraga, menjaga kebersihan dan pantau berat badan. Karena prinsip gizi seimbang didasarkan pada kebutuhan zat gizi yang berbeda menurut kelompok umur, status kesehatan, dan jenis aktivitas, maka satu macam TGS tidak cukup. Diperlukan beberapa macam TGS untuk ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, remaja, dewasa, dan usia lanjut.

Nutrisi dalam Satu Piring Makan

Selain untuk perkembangan nutrisi otak dan pertumbuhan, harus diperhatikan kembali juga saluran pencernaan si kecil. Dalam pemenuhan nutrisi pentingnya saluran cerna sebagai penyerapan nutrisi dan disalurkan ke tempat-tempat dalam tubuh si kecil. Lihat kembali bagaimana BAB sikecil, apakah ia mengalami alergi, atau menolak makanan tertentu dan menyebabkan ia picky eater sehigga nutrisi yang di konsumsi tidak maksimal.

Karena orang tua harus siap dengan resiko kesehatan jika si kecil tidak memenuhi kebutuhan nutrisinya tiap hari, antara lain saluran cerna tidak sehat, stunting, obesitas, gizi buruk, lemas dan lesu dan berbagai resiko tidak baik dan tentunya tidak ingin dialami sikecil.

Pemberian nutrisi awal kehidupan yang optimal mendukung perkembangan anak yang dimulai sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Dengan perkembangan otak anak yang optimal akan memudahkan mereka dalam proses belajar dan beradaptasi terhadap lingkungannya sehingga dapat cepat tanggap, memiliki rasa peduli, kasih sayang, dan pertumbuhan fisik optimal.
Untuk mendukung agar anak dapat tumbuh kembang optimal, dibutuhkan nutrisi lengkap, mulai dari zat gizi makro, protein, zat besi dan lainnya. Anak juga perlu makanan yang mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6 untuk nutrisi otak, semisal asam linolenat dan asam linoleat yang banyak terkandung dalam minyak ikan serta vitamin dan mineral yang bisa didapat dari sayur, lauk pauk, serta susu.

Jadi nutrisi yang lengkap itu panduannya ada dalam ‘My Plate’. Dalam satu piring anak terdiri dari beragam makanan. Mulai dari karbohidrat seperti nasi, mie atau roti. Sayur dibarengi lauk pauk sebagai sumber protein jangan lupa buah dan susu.
Dan agar anak mau makan, orang tua harus berkreasi. Tempatkan makanan dalam piring dengan berbagai jenis makanan, kreasikan supaya anak menyukainya. Nutrisi lengkap ini wajib diberikan supaya orang tua memiliki anak hebat. Anak yang cepat tanggap akan lebih mudah dalam proses belajar sehingga dapat meningkat rasa percaya diri dan kemampuan akan rasa kepedulian kepada orang lain.

Anak yang mendapatkan nutrisi tepat, serabut dalam otaknya lebih panjang dan cabang lebih banyak, sehingga anak lebih tanggap, cermat, pandai. Sehingga berkembang dengan baik dibanding kekurangan nutrisi.Orang tua juga bisa memberikan permainan anak yang mendidik ketika berada di rumah untuk bekal beradaptasi pada lingkungan nantinya.

Nutrisi Lengkap Bebelac Baru untuk Anak Hebat Tanggap yang Lengkap
Bebelac dengan Formula yang disempurnakan. Dengan pemberian nutrisi dari Bebelac serta stimulasi tepat dari Ibu, bantu dukung si Kecil tumbuh jadi Anak Hebat dengan Tanggap yang Lengkap. Cepat Tanggap, punya rasa peduli dan tanggap bersosialisasi Babam sudah minum Bebelac baru, dengan penambahan minyak ikan dan kandungan Omega 6 yang ditingkatkan. Tumbuhkan si Kecil dengan Tanggap yang Lengkap!
Stimulasi dari Ibu dan pemberian nutrisi dari Bebelac baru dengan formula yang disempurnakan bantu dukung si Kecil tumbuh jadi Anak Hebat yang memiliki Cepat Tanggap, Tanggap Bersosialisasi, dan punya Rasa Peduli, dengan penambahan minyak ikan dan kandungan Omega 6 yang ditingkatkan.

Babam sudah mengkonsumsi juga nih Bebelac Baru dengan makanan yang merujuk pada Pedoman Umum Gizi Seimbang, mamih juga memberikan stimulasi untuk meningkatkan perkembangannya dan menjadi anak hebat, Tanggap yang Lengkap. Bagaimana cerita Babam selanjutnya, dan apa saja stimulasi yang mamih berikan untuk Babam ?. Selanjutnya akan mamih bahas dalam artikel yang berbeda dalam memberikan nutrisi dan stimulasi untuk Babam dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Informasi lengkap di website resmi Bebeclub : bebeclub.co.id
Dan Fanpage Facebook : Bebeclub Indonesia

Spread the love
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *