Cara Asik Mencegah Penyakit Diabetes

 

Cuaca panas meman bikin mager dan malas beraktivitas fisik, tetapi mengingat mamih memiliki risiko penyakit diabetes jadi mamih mulai menjaga asupan makan dan melakukan pola hiddup sehat.

ikut cara asik mencegah diabetes
Mamih ikut olahraga juga nih

“Mencegah diabetes itu kegiatannya menyiksa loh”, komentar teman mamih, duh koq malah menakutkan. Padahal untuk melakukan pola hidup sehta yang manfaat banya itu lebih kepada pembiasaan diri dan melakukannya rutin. Kalau sudah biasa melakukan pendekatan cara asik mencegah diabetes semakin ringan dan bukan beban lagi.

Mamih mau menceritakan beberapa cara asik mencegah diabetes , yang tentu saja sudah mamih lakukan rutin, bonusnya tidak hanya terhindar dari penyakit diabetes, tetapi juga kegiatan yang dilakukan semakin menyenangkan dan mendapakan benefit tambahan.

Cara Asik Mencegah Penyakit Diabetes

Kenapa sih penyakit diabetes sring menakutkan, selain sebagai silent killer, memang ketika diabetes belum parah layaknya orang sehat saja masih bisa melakukan rutinitas sehari-hari. Tetapi ketika harus melakukan suntik insulin tentu saja sedikit menyiks dan minum obat setiap hari dan kalau sudah parah bisa berakibat banyak komplikasi penyakit lain yang biasa pengobatannya mahal bahkan kematian.

Sudah berusia 30 plus-plus akhirnya di tahun 2019 kemarin mamih membiasakan untuk melakukan pola hidup sehat dan mulai bisa mengaplikasikannya dala kehidupan sehari-hari. Konsumsi GGL atau Gula Garam Lemak sesuai yang disarankan yaitu, batasan dalam sehari Gula 4 sdm, Garam 1 sdt, dan Lemak 5sdm. Dengan mengikuti anjuran tersebut dan pola hidup sehat bisa murah, mudah serta nikmat.

cara asik mencegah diabetes bareng.JPG
Mengikuti rangkaian talkshow dan cegah diabetes bareng

Memperingati Hari Diabetes Dunia dan Bulan Kesadaran Diabetes Dunia, Merck Sharp Dohme (MSD) Indonesia bersama dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, komunitas masyarakat dan MRT Jakarta; bersama-sama melaksanakan kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes.

Kampanye asik tanpa menakut-nakuti untuk menjalani kebiasaan pola hidup sehat bareng dengan olahraga rutin seperti senam, bersepeda dan juga konsumsi makanan dengan izi seimbang. Kampanye ini sejalan dengan tema besar kampanye Hari Diabetes Dunia 2019 yang diusung oleh International Diabetes Federation (IDF), Protect Your Family, dengan fokus utama deteksi diabetes, cegah diabetes tipe 2, dan penanganan diabetes anggota keluarga dengan diabetes.

cara asik mencegah diabetes
Bersama berkomitmen cegah diabetes

 

Dengan bersama-sama berkomitmen dan belajar mengatur pola hidup yang lebih sehat serta mempelajari bagaimana mengola asupan makan yang benar, membantu sekali dan memmotivasi untuk melakukan rutin dalam menjaga pola hidup yang sehat.

Rangkaian kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes dilaksanakan melalui talk show dan pendekatan langsung berbasis komunitas untuk membagikan tips and informasi terkini seputar Diabetes Tipe 2. Berbagai komunitas yang ikut serta dalam kampanye ini antara lain komunitas olahraga, komunitas blogger, komunitas peduli terhadap diabetes, komunitas memasak sehat dan MRT Jakarta.

Rangkaian Talkshow Cara Asik Lindungi Keluarga dari Diabetes

Sebenarnya ketika menikah mamih sudah membayangkan untuk berusaha mengatur bagaimana arus kehidupan dalam rumah tangga, walaupun tidak terlalu bisa leluasa dengan mencontohkan kepada anggota keluarga yang lain sepertinya bisa membantu membiasakan sesuatu yang baik karena keluarga benar sekali adanya memiliki peran penting dalam pencegahan penyakit, salah satunya diabetes.

Karena ada fakta yang terjadi adalah peningkatan jumlah pasien diabetes di Indonesia yang membiasakan kurang mengontrol asupan makanan, padahal batasan yang dianjurkan untuk konsumsi GGL Gula Garam Lemak adalah 415, Gula 4 sdm, Garam 1sdt, Lemak 5sdm.

• Berdasarkan data International Diabetes Federation Atlas edisi ke-9 pada tahun 2019, Indonesia menduduki menduduki peringkat :

o ke-7 penyandang diabetes terbanyak di dunia
o ke-3 penyandang toleransi glukosa terganggu terbanyak di dunia

• Salah satu kegiatan Kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes adalah edukasi mengenai pentingnya aktivitas fisik untuk pencegahan diabetes tipe 2.

bersama ikuti cara asik mencegah diabetes
Bersama ikuti cara asik mencegah diabetes

Edukasi, sosialisasi dilakukan oleh perusahaan, juga orang-orang yang peduli pada kesehatan tetapi menjadi angin lalu bisa sesama anggota keluarga tidak saling mendukung dalam menjaga kesehatan mereka.

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang umum diderita di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat ke-7 penyandang diabetes terbanyak di dunia dengan jumlah 10,7 juta. Angka ini diperkirakan akan meningkat pada tahun 2045 menjadi 16,6 juta penyandang . Selain itu, Indonesia juga menduduki peringkat ke-3 penyandang Toleransi Glukosa

Terganggu atau Prediabetes terbanyak dengan jumlah 29,1 juta pada tahun 2019, diperkirakan akan meningkat menjadi 35,7 juta pada tahun 2045, yang mengindikasikan semakin tingginya paparan risiko diabetes di Indonesia, khususnya Diabetes Tipe 2.

Nara sumber dalam talkshow Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE, mengatakan, ”Dalam hal pengobatan pada pasien diabetes tipe 1 maupun tipe 2, penderita diabetes dan anggota keluarga, perlu menyadari betapa pentingnya kepatuhan dalam pengobatan diabetes yang harus dilakukan seumur hidup, terutama untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Aktivitas fisik, konsumsi makanan sesuai kebutuhan, berat badan ideal adalah hal yang direkomendasikan untuk pencegahan timbulnya diabetes tipe 2 dan untuk orang diabetes hal tersebut merupakan usaha baik disamping pengobatan untuk menjaga agar kadar gula darah tetap terkendali normal. Salah satu aktivitas fisik adalah olahraga jalan, naik tangga, senam dan lainnya.”

Sudah banyak saran dan masukan dari banyak orang yang peduli pada kesehatan, tugas kita untuk memulainya agar terhindar dari diabetes, hidup tanpa ketakutan dan juga bisa bermain bersama anggota keluarga tercinta sampai tua.

Semoga artikel ini membantu dan bersama-sama mencegah diabetes, atau apakah teman-teman ada keluarga dengan diabetes? Bisa share di kolom komentar yah.

Spread the love

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *