Panduan Praktis Merawat Kulit Sensitif si Kecil

 

Kesibukkan menyita waktu dalam mengemban tugas menjadi Ibu baru, terlebih pasca melahirkan banyak hal yang harus dipelajari secara cepat dan beradaptasi untuk merawat si kecil. Bayi yang baru lahir memiliki kulit sensitif dan rentan, tentu saja memerlukan perawatan yang ekstra dalam menjaganya.

Kulit bayi yang lembut akan mudah terkena iritasi yang disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari makanan yang Ibu konsumsi, pemilihan pakaian untuk bayi, produk pembersih pakaian bayi, udara, debu, sisa kotoran yang terlambat dibersihkan dan akan diperparah bila sembarang dalam memilih produk perawatan kulit untuk si Kecil.

cussons sensi care merawat kulit
Cussons SensiCare merawat kulit

Permasalahan Umum Kulit Sensitif Si Kecil

Merawat kulit si Kecil tentu saja berbeda dengan kulit orang dewasa, daya tahan tubuh si Kecil lebih rentan dan mudah bereaksi terhadap zat-zat tertentu, bila disepelekan khawatir akan memberikan dampak negatif pada kulit si Kecil.

Perlu untuk diketahui beberapa gangguan kulit yang sering menimpa pada si Kecil. Kalau pengalaman mamih sendiri ketika merawat Babam adalah saat malam hari terlambat mengantik popok yang sudah terkena kotoran bayi. Akhirnya ada bercak-bercak kemerahan yang mengakibatkan bayi tidak nyaman dan rewel seharian.

cussons sensi care merawat kulit bayi
Cussons SensiCare, baik digunakan untuk si Kecil

Waktu adaptasi jam tidur berkurang, kelelahan mengurus bayi, seharian menyusui, membersihkan pakaian bayi dan rutinitas lainnya hendaknya meminta tolong pasangan untuk bekerja sama dalam merawat bayi. Agar Ibu tetap waras dan juga bahagia selama menyusui, ketika itu mamih juga langsung bergantian untuk terjaga disaat bayi masih belum teratur jadwal tidurnya.

Walaupun mengalami sedikit masalah pada kulit, langsung dapat segera diatasi dan jadi lebih teliti lagi dalam memilih produk yang digunakan untuk merawat kulit sensitif pada si Kecil. Permasalahan yang ditimbulkan pada kulit sensitif si Kecil antara lain :

Biang Keringat, hampir sama seperti orang dewasa biang keringat berbentuk ruam kecil berwarna merah dan sedikit menonjol, juga terasa gatal. Bila dialami bayi akan mengganggu aktivitasnya, bayi sulit untuk tidur karena tidak nyaman akibat rasa gatal yang ditimbulkan. Biang keringat juga dapat menyebabkan rasa menyengat dan perih seperti menusuk-nusuk di kulit.

Ketika pada si Kecil terjadi beberapa hari setelah terpapar suhu panas (gerah) atau udara yang lembap. Gangguan kulit ini bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti area leher, wajah, punggung, dada, atau paha. Mengapa si Kecil lebih rentan terkena biang keringat ? Perlu diketahui bahwa hal itu dikarenakan kelenjar keringat mereka yang belum berkembang sepenuhnya.

Ruam Popok , sering terjadi disebabkan oleh iritasi, infeksi jamur atau bakteri, adanya alergi, dan popok basah atau kotor terlalu lama. Selain itu, makanan baru pada bayi juga dapat memicu timbulnya kemerahan bila memiliki bakat alergi. Harus lebih diperhatikan dalam merawat kelembapan kulit bayi dan lebih sering mengganti popok bila sudah penuh atau BAB.

Babam terkena ruam popok dan kulitnya langsung dengan cepat berubah menjadi kemerahan dan sedikit lecet, berlangsung selama kurang lebih 2-3 hari dan semenjak itu kami lebih teliti lagi dalam mengganti popok bayi dan memilih lotion yang sesuai untuk menjaga kelembapannya.

Eksim, gangguan kulit juga bisa disebabkan karena bayi sering terpapar zat kimia, detergen, sabun, pewangi, udara, debu, dan asap rokok yang peruntukkannya belum sesuai untuk kulit bayi yang sensitif. Eksim dapat menimbulkan ruam dan gatal pada bayi. Gangguan eksim pada bayi juga berhubungan dengan riwayat keluarga yang juga mengalami eksim dan menderita asma.

 

cussons sensi care merawat kulit sensitif
Perawatan untuk si Kecil

Merawat Kulit Sensitif Si Kecil

Menjaga dan merawat kulit sensitif bayi perlu beberapa hal yang dapat diperhatikan dan memilih produk yang tepat demi menjaga kulit bayi agar tetap sehat. Untuk menjaga kebersihannya bayi perlu dimandikan secara rutin minimal 3x dalam seminggu atau setiap hari dengan air bersih dan perhatikan suhu air tidak terlalu hangat atau dingin sekitar 37° Celsius. Untuk mengukur suhunya bisa gunakan termometer. Beberapa termometer dibuat berbentuk mainan yang aman dan menyenangkan. Bila tidak ada termometer untuk memeriksa suhu air, gunakan siku Ibu untuk mengukur tingkat kehangatannya.

Ganti popok bayi secara berkala, Orang tua harus benar-benar memperhatikan keadaan bayi, termasuk popok yang dikenakan. Kulit bayi cenderung sensitif. Ketika popok sudah penuh, orang tua harus segera menggantinya. Bila tidak, bayi berisiko terkena iritasi dan infeksi.

Orang tua mengenali fase dimana bayi lebih aktif. Hal ini bisa membantu orang tua memperkirakan atau menentukan waktu yang tepat untuk mengganti popok bayi. Pada anak saat belajar toilet training mulai segera mengganti celananya yang basah, bisa diajarkan untuk ke kamar mandi 2-3 jam sekali untuk mengenali rasa keinginan BAK dan BAB.

produk perawatan cussons sensicare
Produk perawatan Cussons SensiCare

Pemakaian produk perawatan si Kecil sangat penting dalam merawat kulit sensitif bayi dan anak. Orang tua perlu memperhatikan bahan baku yang terkandung dalam produk perawatan si Kecil. Pilih produk yang tidak lengket dan cepat diserap dengan kandungan bahan alami.

Cara menentukan sebuah produk perawatan kulit baik untuk si Kecil yaitu pilih yang mengandung pH seimbang, bahan-bahan organik, dan juga mengandung ceramide, kandungan yang dapat melindungi kulit bayi dari kulit kering dan iritasi. Kalau mamih menghindari coba-coba produk perawatan si Kecil, keinginannya ketika memutuskan untuk menggunakan produk langsung cocok. Untuk itu mamih cermat dan teliti bahannya dulu serta sudah teruji klinis bahwa produk tersebut aman untuk digunakan dalam merawat kulit sensitif si Kecil.

Memilih Produk Cussons Baby SensiCare untuk Merawat Kulit Sensitif Si Kecil

Kalau mamih sering mendengar “duh pengen deh punya kulit halus dan lembut kaya bayi” sebenarnya memang kulit lembut pada bayi itu justru lebih ekstra perawatannya karena masih rentan dan juga sensitif.

 

Bagaimana pemilihan produk untuk kulit sensitif ?? Dalam memilih produk juga mamih berharap ketika menggunakannya gak hanya membuat si Kecil wangi tetapi juga memiliki kulit sehat, lembut dan terjaga.

rangkaian produk cussons sensicare
Rangkaian Produk Cussons SensiCare

Ketika berkenalan dengan produk Cussons Baby SensiCare mamih juga udah memasang ancang-ancang dan mengerahkan segala macam keingintahuan mamih untuk memperhatikan kandungan dari produk Cussons Baby SensiCare apakah memang benar-benar diperuntukan untuk si Kecil.

Produknya terdiri dari 3 macam dan kesemuanya mamih suka karena gak ada yang mubajir terbuang karema betul-betul aman saat digunakan untuk perawatan kulit sensitif si Kecil. Untuk sama-sama menilai kualitas produknya yuk cari tahu apa saja bahan yang terkandung dan manfaat dari produk Cussons Baby SensiCare dan semoga juga bisa menjadi pilihan Ibu-ibu lainnya dalam menjaga serta merawat kulit sensitif si Kecil, mamih juga memberikan review terkait penggunakaan produknya.

Cussons Baby mengeluarkan rangkaian produk khusus untuk perawatan lengkap kulit sensitif pertama yang diformulasikan dengan DERMASOFT COMPLEX, bisa digunakan untuk  bayi maupun dewasa, sangat menarik karena sekaligus Ibu bisa menggunakannya juga loh dan mamih juga makin suka sama rangkaian alami dari produk Cussons Baby SensiCare.

Setelah dicek pada kemasannya Cussons Baby SensiCare mengkombinasikan gandum organik, minyak zaitun organik, dan ceramide. Dengan kandungan alami dalam formulanya dan telah melalui serangkaian uji klinis mamih juga semakin yakin produk tersebut aman baik bagi si Kecil, yang dapat melindungi kulit bayi sensitif dari gangguan kulit yang membuat bayi tidak nyaman.

Cussons meluncurkan tiga varian produk sekaligus. Sensicare Gentle Hair & Body Wash diformulasikan untuk membersihkan sekaligus menjaga kelembaban kulit, Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion ditujukan sebagai losion bagi kulit sensitive, dan Sensicare Intensive Soothing Cream untuk menenangkan dan melembabkan kulit kering.

hair and body wash cusson sensicare
Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash

 

Hair & Bodywash
Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash

merupakan pembersih yang ekstra lembut untuk kulit dan rambut
• Teruji secara dermatologi dan diterima oleh dokter anak
• Terbukti klinis lembut di mata dan meningkatkan kelembaban pada kulit kering
• pH seimbang
• Dapat digunakan untuk tubuh, rambut dan wajah
• Hypoallergenic

Setelah mencobanya busa yang dihasilkan memang tidak terlalu banyak, cairannya lebih kental dengan aroma lembut dan tidak terlalu menyengat. Si Kecil akan terasa nyaman serta rileks saat dimandikan. Untuk Babam yang sudah berusia 5 tahun ia dapat belajar untuk mandi sendiri dan dengan mudah membuka kemasan dari produknya untuk langsung praktis diaplikasikan untuk rambut dan seluruh tubuh.

Tetapi untuk Alden yang masih berusia 5 bulan mamih tidak khawatir menggunakan produknya apalagi kulit Alden sedikit sensitif dan sempat mengalami kemerahan di pipi akibat udarah yang panas. Dengan menggunakan produk Cussons Baby SensiCare cukup membantu mamih dalam rutinitas mandi setiap harinya dan gak khawatir dengan kandungan dalam produknya dan sukses besara untuk merawat kulit sensiti si Kecil.

 

lotion cussons sensicare
Cussons Baby Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion

Cussons Baby Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion

ssons Baby Sensicare 24hr Daily Moisturizing LotionKulit bayi baru lahir 30% lebih tipis dibanding kulit orang dewasa sehingga mudah kering. Oleh karenanya penting untuk secara teratur mengoleskan baby lotion. Cussons Baby SensiCare mudah diserap dan menjaga kelembaban kulit dengan wangi khas bayi yang lembut. Dengan Dermasoft Complex, kombinasi natural organik, oat, natural organic olive , ceramide, serta natural shea butter untuk menjaga kenyamanan kulit bayi. Karena mudah diserap, kulit pun terasa lembab dan lentur.

Cussons Baby Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion melembapkan, menyamankan kulit dengan menghidrasi kulit kering dan rentan eksim.

• Teruji secare dermatologi dan diterima oleh dokter anak.
• Terbukti klinis meningkatkan kelembapan kulit sampai 24 jam pada kulit kering, dan dengan formula DERMASOFT COMPLEX yang memberikan perlindungan pada kulit.
• pH seimbang
• Hypoallergenic

Bagian yang mamih suka nih karena produk satu ini bisa dipakai untuk seluruh keluarga. Kelembutan lotionnya tidak terlalu pekat dan mudah diserap, wanginya juga ampuh untuk membuat nyaman dan rilek. Oleskan tipis dan merata pada kulit si Kecil seperti tangan, kaki, punggung, dan badan kulit terasa lebih lembut dan teksturnya halus.
Untuk menghindari kulit kering cocok digunakan saat traveling atau sehabis berenang, mengoleskam Moisturizing secara merata akan membantu menghaluskan dan mengembalikan kelembapan alami kulit yang hilang karena aktivitas harian. Apalagi memiliki si Kecil yang aktif tentu saja memerlukan perawatan dan menjaganya agar tetap sehat.

 

shooting cream cussons sensicare
Cusson Baby Sensicare Intensive Soothing Cream

Cusson Baby Sensicare Intensive Soothing Cream

Kulit bayi baru lahir lebih tipis cenderung mudah kering, oleh karenanya dalam perawatannya perlu secara teratur mengoleskan baby lotion. Cussons Baby SensiCare mudah diserap dan menjaga kulit sehat tetap terpelihara dengan wangi khas bayi yang lembut. Dengan kombinasi natural oat, natural organic olive , natural shea butter dan ceramide untuk menjaga kenyamanan kulit bayi. Karena mudah diserap, kulit pun terasa lembab dan lentur.

• Teruji secara dermatologi dan diterima oleh dokter anak
• Terbukti klinis dan meningkatkan kelembaban sampai 24 jam pada kulit kering dan dengan formula DERMASOFT COMPLEX yang memberikan perlindungan pada kulit
• pH seimbang
• Hypoallergenic

Mamih mengandalkan Intensive Soothing Cream untuk kulit yang cenderung lebih kering atau kulit yang menampakan masalah umum pada kulit bayi akibat  terlalu lama mengganti popok. Jadi untuk menghindari lecet dan gangguan yang semakin parah bisa mengoleskan tipis-tipis ke kulit yang mengalami masalah juga kering.

Si Kecil akan merasa nyaman merasakan sensasi kelembutan dari cream yang cenderung padat, teksturnya seperti mentega tetapi mudah menyerap ke dalam kulit dan tidak lengket. Mamih juga merasakan ketika cream mengering dan menyerap di kulit bayi atau anak seperti menggunakan bedak tetapi sangat aman  karena tidak ada serbuk yang berhamburan tetapi tetap. mendapatkan tekstur seperti bedak yang melembutkan kulit bayi.

Kalau ingin tahu lebih lanjut mengenai produknya Cussons baby SensiCare bisa melihat informasi melalui akun resmi instagram dan websitenya sensicare.co.id. Dalam website juga banyak artikel menarik seputar perawatan kulit bayi dan bisa menjadi sebuah edukasi bagi orangtua yang memperhatikan perawatan kulit bayi secara maksimal.

produk cussons sensicare
Produk Cussons Sensicare

Harga dari produknya masih terjangkau mulai dari 60rb – 140rb rupiah dengan kualitas dengan bahan utama yang alami dan juga telah teruji klinik. Jadi Ibu-ibu sebenarnya tidak perlu khawatir dengan produk Cussons Baby Sensicare.

Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung cek :
Web : https://sensicare.co.id
Instagram : https://www.instagram.com/sensicareid/
Youtube : https://www.youtube.com/

Spread the love
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *