Kalananti : Kegiatan Edukatif Saat Liburan Sekolah

Berada dalam tingkat stres mencari SD untuk Babam yang sampai sekarang masih dalam perjuangan, mamih sebisa mungkin memilih liburan sekolah bersama Babam dengan kegiatan yang gak bosan dan edukatif. Tapi mamih bukan ibu yang selalu kreatif dan juga perlu masa tenang untuk healing dari keriwehan akhir plus awal tahun ajaran.

Kalananti mengisi kegiatan liburan

Akhirnya mamih menggunakan kekuatan google (bukan bulan) untuk searching kegiatan leburan sekolah untuk anak setingkat usia TK dan SD kelas awal. Munculah beberapa pilihan kelas yang sayang jauh sekali dan rata-rata diisi dengan kegiatan yang belum sesuai dengan kebutuhan Babam.

Untuk Babam yang butuh penanganan khusus atau ABK mamih agak kesulitan menemukan wadah yang tepat agar dirumah Babam juga gak mati gaya dan mamih juga gak crangky mikiran apa lagi nih, apa lagi nih, apala lagi nih kegiatan Babam untuk melatihnya agar bisa fokus, duduk tenang dan mewadahi kesuperaktifannya.

Babam memiliki diagnosa GBE atau gangguan Bahasa Ekspresif dengan IQ Very Superior dan memiliki gangguan interaksi sosial. Sejauh ini mamih beberapa kali menemani Babam untuk mengisi kegiatan yang aktif tetapi ya tentu saja diwarnai dengan drama tantrum, ketika keinginannya tidak terpenuhi, tipe anak yang berkemauan keras dan strong willed kalau negosiasi ya cukup alot dan diwarnai dengan teriakan juga guling-gulingan.

Sejauh pencaharian mamih, akhirnya menemukan Kalananti yang merupakan pendidikan nonformal yang melengkapi edukasi disekolah plus lebih dalam lagi menerapkan agar bisa lebih kritis, kreatif, dan aktif dalam melihat perspektif masalah serta mencari solusinya.

Kenalan dulu ya dengan Kalananti karena mamih juga sama-sama baru tahu nih, sejak ikut pertama kali kelasnya jadi ketagihan mau ikut lagi.

Ikut Kalananti mengisi kegiatan liburan
Mengenal Kalananti

 

Mengenal Kalananti : Kegiatan Edukatif Mengisi Liburan Sekolah

Menurut riset yang dirangkum sebuah kesimpulan oleh kakak-kakak instruktur dari kalananti, beberapa tahun kedepan akan banyak sekali peluang-peluang profesi serta jenis pekerjaan baru yang membutuhkan tenaga-tenaga ahli baru kreatif, dan mengerti teknologi digital.

Di masa depan, bahasa pemrograman akan menjadi bahasa baru yang sangat umum digunakan, selain bahasa lokal dan bahasa asing. Tahukah kamu, bahasa pemrograman yang digunakan manusia berinteraksi dengan/lewat komputer adalah alfabet biner yang hanya terdiri dari angka 1 dan 0?

Untuk kebanyakan orang, khususnya yang belum pernah belajar lebih mendalam tentang komputer, akan menganggap alfabet biner adalah sesuatu yang sangat kompleks dan sulit untuk dipelajari. Bebrbeda lagi pada sebuah dasar atau pondasi kerangka berfikir agak bisa menyambungkan variabel-variabel dari berbagai ilmu untuk memandang sebuah masalah dan pemecahannya.

Apa itu Kalananti mengisi kegiatan liburan

Dasar pemikiran tersebut yang coba di sajikan kepada anak-anak dan dimplementasi dalam bentuk-bentuk kegiata menyenangkan agar mudah diterima oleh anak-anak dengan tema-tema yang disukai dan dekat dengan anak.

Misalnya dengan di masukan dalam bentuk profesi, permainan bercerita, mengenal hewan, mengenal robbot dan unsur yang disukai anak-anak agar mereka bisa lebih mudah memahami konsep berfikir yang logis dan berdasarkan pada ilmu pengetahuan.

Ada Kalananti mengisi kegiatan liburan

Melalui tema-tema profesi tersebut dirangkum dalam sebuah kegiatan yang seru mulai dari bercerita, mengenal alat yang dibutuhkan untuk profesi tertentu, mengenal masalah dan memberikan simulasi agar anak mampu berfikir kreatif dalam memecahkan masalah tersebut.

Kegiatan edukasi dari Kalananti sebenarnya sudah rutin dilakukan setiap weekend, tetapi juga hadir untuk mengisi liburan sekolah seperti liburan ramadhan dan juga liburan sekolah tahun ajaran baru, atau liburan tahun baru.

Mamih sangat tertarik dengan konsep yang diberikan, jadi anak mengenal berbagai profesi dengana berbagai tugas yang bisa dilakukan, misalnya seorang enginering bisa loh membuat kapal laut atau kapal selam, seorang dokter ada bermacam-macam loh spesialisasinya, dan bisa juga menjadi tenaga atau ahli forensik.

Bersama Kalananti mengisi kegiatan liburan
Babam lagi periksa korban, hehehe

Dengan berbagai cabang gambaran ilmu yang diberikan dan pemahaman konsep dasar berfikir yang baik, anak-anak ditanamkan unsur-unsur untuk berani berfikir kreatif yang memiliki dasar argumentasi ilmu pengethuan juga sebab akibat.

Aktifitas Kalananti mengisi kegiatan liburan
Ditemani kakak yang baik

Penjelasan diatas mungkin agak rumit yah, tetapi dalam pelaksanaanya memang super fun dan kakak-kakak instruktur akan terlebih dahulu mau memahami karakter-karakter peserta yang akan mengikuti kegiatannya.

Pengalaman Mamin dan Babam Mengikuti Kegiatan Bersama Kalananti

Kalau amih sudah pasti excited sekali, dan Babam ketika mamih sounding sehari sebelumnya juga sangat tertarik, dan saat pagi hari berangkat Babam sebenarnya sangat mudah sekali dibangunkan, juga bersiap untuk mengikuti kegiatannya.

Karena memiliki kekhusussan dalam komunikasi dan interaksi sosial memang agak sulit untuk Babam mengikuti kegiatan secara runut, tetapi sejauh pandangan mamih Babam enjoy dan bahagia melakukannya, hanya saat terakhir saja sedikit tantrum tetapi gak melembekkan semangat mamih untuk kembali mengikuti kegiatannya lagi.

Kalananti mengisi kegiatan liburan di Jakarta
Babam mulai mau berinteraksi

Walaupun agak susah untuk mengikuti aturan sedikit demi sedikit Babam akan paham dengan pola-pola intruksi dan perintah, ia juga akan tahu bagaimana cara bekerja sama, mengajarkan toleransi untuk berbagi (sulit sih ini), dan juga belajar untuk memahami emosi sat panik, tegang, bingung, dan juga senang ketika berhasil memecahkan misi.

Serunya  kalananti mengisi kegiatan liburan
Mencoba memecahkan misi

Lokasi kegiatan Kalananti ada di Lebak Bulus Jakarta Selatan dan kebetulan sekali hanya berbeda 2 rumah dari rumah Mbah Babam yang ada di Lebak Bulus. Jadi Mamih ikut mampir dan makan dirumah Mbah hehehe.

Kegiatan diadakan senin-kamis, dan juga sabtu dengan tema yang berbeda setiap harinya. Anak-anak akan mendapatkan silabus, buku penghubung, passport profesi dan permainan, juga identity Card selama mengikuti kegiatan bersama Kalananti.

Kalananti ikut mengisi kegiatan liburan
Foto gaya setelah penyelesaian berhasil

Lokasinya juga nyaman, dan tidak terlalu panas karena berada di ruang terbuka dengan ruangan pendopo untuk melakukan aktivitas. Orang tua bisa menungggu juga dibeberapa gazebo yang disdiakan dan kakak-kakak pembina akan mendampingi anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Kegiatan ini berbayar Rp. 195.000 tetapi teman-teman bisa mendapatkan diskon ketika memesan melalui aplikasi Parenstory, yang menarik diskonya hingga 44% loh. Semua tools, stater kit, snack juga akan disediakan untuk peserta. Jadi anak-anak hanya membawa kebutuhan pribadinya saja.

Kalau kehabisan ide mau ngapain selama liburan, atau daripada ke mall lagi ke mall lagi yang menghabiskan uang lebih banyak lebih baik ikut kegiatan bareng Kalananti akan mendapatkan pengalaman baru, ilmu baru dengan cara menyenangkan juga efektif serta mendapatkan teman baru juga.

Informasi lengkap bisa mengunjungi Instagram @Kalananti dan juga FanPage Kalananti, atau langsung hubungi no telepon yang terintegrasi WA (0819-9000-9680).

Kalau punya ide atau informasi untuk mengisi liburan dan berbagai kegiatan kreatif boleh banget yah share di kolom komentar.

Semoga Babam juga semangat nih menemukan sekolah yang tepat setelah liburan ini, mohon doa dan semangatnya yahhhhh.

Terima kasih semuanya

 

 

Spread the love
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *