Manfaat Meditasi untuk Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Kalau baca judulnya jadi ambil nafas panjang perlahan dan keluarkan, mengingat zaman sekolah dulu setiap kali senam bersama. Tetapi artikel kali ini mamih ingin membagikan salah satu hal menarik dalam mengelola emosi, pikiran, untuk membantu mengatur dan mengelola keuangan rumah tangga.

Jadi ingat istilah diatas langit masih ada langit, bikin mupeng gak sih lihat berita artis yang mengekspos kekayaannya, dan ternyata belum tentu artis tersebut yang ingin terekspos tapi masyarkat sendiri yang senang akan pemberitaan soal kekayaan.

manfaat meditasi ocbc nisp mengelola keuangan

Gak munafik sih dalam keuangan juga mamih tetap mengejar untuk mencari kesuksesan maksimal, tapi sebenarnya uang sebanyak apapun dan dalam taraf kelas hidup semewah apapun semua memiliki kadar permasalahan keuangan yang beda. Well memang gak ada yang sempurna seperti fakta yang diutarakan oleh beberapa konsultan keuangan yang menunjukan bahwa kondisi keuangan erat kaitannya dengan stres dan depresi.

Melek Literasi dalam Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Sebenarnya gak hanya ketika sudah berumah tangga, tetapi saat semenjak dini anak-anak bisa diterapkan untuk belajar mengelola keuangannya sehingga saat remaja, dan dewasa tidak terlalu sulit membiasakan diri, ketika mendapatkan edukasi untuk mengelola keuangan.

Walaupun telat banget mamih sadar akan pentingnya pengetahuan soal mengelola keuangan, pos-pos apa saja yang menjadi prioritas dan kesadaran ini tumbuh ketika memiliki anak dengan kekhususan dan mengharuskannya bersekolah dengan biaya yang tidak murah.

manfaat meditasi untuk mengelola keuangan anak (1)
Demi pendidikan anak mulai melek literasi mengelola keuangan

Sebelum bahas mengenai meditasi, atau gimana sih pengaruh meditasi dalam mengelola keuangan ? mamih ingin bercerita pengalaman buruk saat terjerat dalam kondisi keuangan yang kacau balau.

Bener banget ketika dingatkan kalau rejeki sudah ada yang mengatur, manusia justru harus semaksimal mungkin untuk membuka pintu-pintu rejeki dengan usaha dan berikhtiar.

Ketika menikah kondisi keuangan dimulai dari 0 yah, dan ini tidak baik memang banyak yang bilang dulu pengalaman orang tua, pakde bude dan lainnya pernah mengalami hal susah, tapi itu gak bisa sih dijadiin pengalaman yang bikin santai dalam menjalani kehidupan, atau istilah rejeki gimana nanti deh yang penting hari ini makan.

Terjebaklah mamih, mendapatkan kondisi dimana banyak keperluan anak yang diluar dugaan dan diluar dari pengalaman lingkup keluarga tadi yang harus mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk sekolah. Jadi mamih agak stres juga dapat uanganya darimana lagi ?, ngerti sih harus kerja tapi mengintip catatan pembiayaan bulanan membengkak “Ya Allah” bikin mengelus dada dan sadar harus ada yang dibenahi.

Untuk teman-teman jangan menunggu kesandung pil pahit untuk melek literasi mengenai pengelolaan keuangan.

Lanjut mamih memeriksa kondisi keuangan apakah ini sehat ??? Ohhh tentu tidak Marrrkonahhhh, memang mamih tidak memiliki hutang tapi tapi tapi mamih tidak memiliki dana darurat, tabungan, apalagi investasi jengg jenggg !!!. Nah uang sekolah yang udah digit enolnya 7 mau dibayar gimana ?.

Mulailah setaun itu perketat anggaran dan mengurangi gaya hidup jadi idak belanja-belanji atau shoping-shoping. Sepatu udah mangap ya di lem aja, tapi kebutuhan anak tetep jadi prioritas mamih, dan jangan lupa semua dibicarakan dengan pasangan jangan dibawa beban sendiri bisa gilaaa woy.

 

Demi pendidikan anak mulai melek literasi mengelola keuangan

manfaat meditasi untuk kelola keuangan
Pilihan outfit Babam murah tapi tetap nyaman

Akhirnya setahun udah terkumpul untuk uang pangkal dan seminit tinggal transfer langsung deh berpindah tangan untuk keperluan sekolah. Kembali mamih belom bisa dong foya-foya, gak bisa deh ngopi-ngopi kece yang harganya nyaris selembar merah. Mamih masih sadar belum memiliki dana darurat dan harus sharing diawal semua pendapatan bulanan kepos- pos yang menjadi prioritas, idealnya seperti ini :

Pembagian pos-pos setiap bulannya dari pendapat yang diterima :

1. 5% utk Sedekah/amal/zakat
2. 10% dana darurat
3. 30% cicilan
4. 30% biaya hidup
5. 10% gaya hidup
6. 15% investasi

Baca Juga : Mengelola Keuangan Bagi Pemula

Untuk bisa menjalankan hal ideal yang teramat sulit ini dimulai dari pikiran diri sendiri yang gak melihat keindahan harta orang lain, mulai perlahan tidak tergoda diskon yang tidak perlu apalagi dunia uang digital bikin nominal cepat berubah, dikit-dikit pesan ini itu, cashless yang gak keliatan itu menjadi bocor halus tiap bulannya.

meditasi untuk mengelola keuangan
Lebih mempertimbangkan prioritas sebelum belanja

Menghindari kebiasaan buruk perilaku boros yang akhirnya besar pasak daripada tiang bisa dibantu dengan meditasi dan mamih baru tahu loh ini, mamih kira ya cuma sugesti diri sendiri aja kalau harus hemat, hemat hemat gitu.

Meditasi untuk Manfaat Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Kalau dilihat survei menunjukan, 6 dari 10 wanita menunjukan sikap kurang percaya diri untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan keuangan1 . Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menunjukan bahwa hanya 18,8% wanita yang memiliki pemahaman produk perbankan dan hanya 3% wanita yang mengetahui cara memanfaatkan jasa perusahaan keuangan.

Sebelumnya di bagian seminar mengatur keuangan manapun ya hasil surveinya tetap sama dan ini agak ironi sih, padahal dalam rumah tangga sebagian besar wanita kan yang mengatur keuangan dan mendominasi atau terima aja gaji dari suami dan harus dicukup-cukupin.

Supaya kepercayaan diri mengatur keuangan lebih mantap mamih mengikuti acara yang digelar oleh OCBC NISP, tidak hanya dalam mengatur keuangan saja tetapi juga praktek meditasi untuk membantu pikiran, jiwa dalam mengelola keuangan.

manfaat meditasi untuk mengelola keuangan
Berlatih meditasi untuk pemula

 

Meditasi memimiliki manfaat dalam mengelola kesehatan mental dan pikiran manusia, meditasi bisa memainkan peranan besar dalam pengendalian diri dan kesabaran saat mengelola keuangan. Dengan mempertimbangkan untuk melakukan latihan meditasi, bisa bermanfaat dalam mengelola keuangan rumah tangga.

Bank OCBC NISP menggandeng komunitas Investashe dan SANA Studio untuk menghadirkan program literasi keuangan yang menarik sehingga dapat membantu wanita Indonesia untuk dapat menumbuhkan sikap positive dan mindful dalam mengambil langkah finansial mereka.

Program ini diharapkan wanita Indonesia terhindar dari masalah stres yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan manajemen keuangan dengan mengetahui profil risiko, cara untuk memanfaatkan jasa lembaga keuangan serta cara memilih lembaga keuangan tepercaya.

 

program meditasi mengelola keuangan ocbc nisp
Kerjasama Bank OCBC NISP, Investashe dan Sana Studio

Setelah beberapa peserta berkumpul ada juga yang sharing mengenai permasalahan keuangannya yang menggoyahkan pernikahan, sulit juga mengubah gaya hidup yang seperti biasanya. Contoh ketika terbiasa menggunakan transportasi taksi akan sulit saat diharuskan pindah ke transportasi massal agar bisa mengurangi biaya harian.

Meditasi bisa membantu mendamaikan pikiran agar lebih mudah menerima dan bersyukur sehingga menjalani hidup tidak dipenuhi rasa kekhawatiran atau kecemasan mengenai ekonomi dan dapat mengakibatkan stres.

manfaat meditasi untuk ubah gaya hidup
Dress kurang dari 100rb, hijab 15rb, atasan 30rb dan gamis 50rb. Tas lungsuran Ibu

 

Manfaat Meditasi yang mamih rangkum dalam sesi kemarin antara lain sebagai berikut :

  • Belajar hidup sederhana, dengan meditasi ini, mampu mengendalikan emosi untuk tidak bergantung pada barang-barang material yang menjadikan gaya hidup lebih boros dari sebelumnya. Boleh belanja, boleh makan direstoran tetapi ingat batasan, agar cashflow atau arus keuangan bisa terkendali. Hal ini juga untuk bisa menahan keinginan pada barang tertentu yang sebenarnya bisa ditunda dan bisa lebih fokus pada kebutuhan yang menjadi prioritas.
  • Mempertimbangan dalam mengendalikan pola keuangan, seperti ketika ingin membeli suatu barang bisa diliihat dahulu harga yang tertera pada label, dan bisa memikirkan kembali apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan, apakah ada barang sejenis dengan harga yang lebih murah. Meditasi memiliki manfaat agar diri sendiri memiliki waktu luang dalam mempertimbangkan hal tersebut untuk pengelolaan arus keuangan.
  • Menghindari tindakan tergesa-gesa, seperti contohnya ada garage sale, festival buku, pameran wisata, konser musik, bisa dilihat kembali yang menjadi prioritas utamanya. Tidak ada yang melarang untuk sesekali memanjakan diri menonton konser idola tapi perlu dingat pos-pos pengeluaran yang terpenting. Bahagia itu tidak hanya diciptakan dengan wisata yang terlampau mahal, atau memaksakan harus menonton konser agar terlihat gaul. Meditasi dapat membantu dalam belajar mengendalikan hal seperti ini dan pikiran jadi terasah untuk berpikir mencari kebahagiaan lain yang tidak hanya dari segi materiil.

Coba dingat hal yang membahagiakan saat kecil, apakah masih ingat dengan harga mainan yang paling mahal, atau masih ingat baju dengan merk tertentu yang mewah ? kalau mamih berpikir saat bersama keluarga atau orang tersayang juga memiliki masa kebahagiaan yang tak ternilai, apalagi soal perhatian, merasa dihargai, didengar, dibutuhkan atau hal yang lebih bersifat rasa saling sayang satu sama lain dalam anggota keluarga yang membuat bahagia.

Jadi kalau mamih simpulkan memang tidak mudah untuk mengencangkan ikat pinggang, atau misalnya merubah yang tadinya naik kendaraan pribadi jadi harus naik kereta massal, yang awalnya bepergian naik bisnis pindah ke ekonomi. Hal seperti ini bisa dibiasakan dan dibantu dengan manfaat meditasi tersebut. Mungkin banyak yang merasa jumawa kalau menjadi orang kaya baru tetapi apakah banyak mannusia yang siap juga ketika menjadi orang miskin baru dalam kondisi tertentu.

Mamih jadi merasa senang sekali mengikuti kegiatan yang tidak hanya berupa sharing tetapi langsung praktik cara meditasi dan berlatih agar dapat membantu mengendalikan diri dalam mengelola keuangan.

Dengan tujuan utama mendorong tingkat literasi keuangan khususnya bagi Wanita Indonesia, Bank OCBC NISP menggandeng komunitas Investashe dan SANA Studio mengadakan program literasi keuangan bertajuk ‘Well-thy & Wealthy’ yang memadukan konsep ‘Wealthy & Wellness’.

Konsep tersebut dipilih untuk mengajak wanita Indonesia untuk memiliki hidup yang bebas stres dengan manajemen keuangan yang sehat. Karena survei menunjukkan bahwa masalah keuangan menjadi salah satu faktor utama sumber stres, khususnya bagi wanita.

Bank OCBC NISP memiliki aplikasi yang mengatur pola arus keuangan yaitu One Mobile, bisa digunakan di dalam ataupun diluar negeri dan membantu untuk menyisihkan pos-pos keuangan setiap bulannya.

Baca Juga : Aplikasi One Mobile untuk Mengatur Keuangan

Dengan memadukan kegiatan ‘Well-thy & Wealthy’ merupakan konsep baru dalam edukasi mengelola keuangan. Bank OCBC NISP sudah 78 tahun dipercaya menjadi bagian perusahaan perbankan di Indonesia, Melalui kegiatan dan program ini Bank OCBC NISP mengajak Wanita Indonesia terhindar dari masalah stress yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan manajemen keuangan dengan mengetahui profil risiko, cara untuk memanfaatkan jasa lembaga keuangan serta cara memilih lembaga keuangan tepercaya.

Baca Juga : 78 Tahun OCBC NISP

Jujur mamih sangat terbatu sekali dan senang bisa berkumpul bersama teman-teman yang berusaha untuk lebih baik lagi dan saling mendukung dalam proses peningkatan kualitas hidup agar menjadi lebih bahagia.
Teman-teman juga bisa share atau berkomentar mengenai keuangan dan perjuangan dalam mengelolanya, siapa tahu banyak juga yang akan terbantu dan satu sama lain saling mendukung untuk meningkatkan edukasi literasi keuangan.

Terima kasih telah membaca dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

 

meditasi untuk mengatur keuangan dari ocbc nisp
Foto ini hanya ketika menghindari belanja karena stress. Jadi lebih baik edit foto dan berdamai dengan stres melalui meditasi
Spread the love
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *