Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan Bersama Halodoc

Bulan Ramadhan waktu yang disambut dengan kebahagiaan oleh umat muslim diseluruh dunia, begitu juga di Indonesia masyarakat menantikan keberkahan yang selalu hadir istimewa dibulan Ramadhan. Selain ibadah wajib puasa, dan zakat ibadah di bulan Ramadhan memiliki pahala berlipat ganda yang tidak mau dilewatkan. Tentu saja menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan dirasa penting agar ibadah lancar dan berkah.

menjaga kesehatan bulan ramadhan halodoc

Hindari Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

Beberapa gangguan kesehatan akan datang ketika masyarakat tdak memperhatikan asupan makanan yang baik saat menjalankan inadah puasa. Menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam tentu saja harus didukung dengan niat untuk sehat dan pola hidup dan makan yang bermanfaat.

Kebiasaan Masyarakat yang cenderung kurang memperhatikan pola konsumsi makanan ssaat bulan Ramadhan juga dapat memicu keluhan-keluhan kesehatan seperti masalah pencernaan, konstipasi, darah rendah dan sakit kepala.
Selain itu mamih juga terkadang lapar mata sih kalau berbuka puasa dan kebiasaan buruk lainnya adalah tidak makan sahur yang membuat kegiatan sehari-hari jadi lemas dan gak bersemangat. Hanya saja hal itu sudah mamih tinggalkan karena mamih sangat membutuhkan energi yang cukup untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan dan juga menularkan kebiasaan yang baik kepada seluruh anggota keluarga.

Berikut kebiasaan yang dihindaari untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan :

  • Makan dengan porsi berlebih saat sahur agar merasa kenyang seharian.
  • Tidak memperhatikan komposisi dan nutrisi pada saat sahur dan berbuka yang justru menjadi kunci ketahan tubuh selama berpuasa.
  • Makan sedikit saat sahur dan berbuka agar dapat berpengaruh terhada berat badan
  • Melewatkan makan sahur yang berimbas nafsu makan lebih besar saat berbuka puasa sehimga porsi makan lebih banyak.

Duh mamih sering melakukan hal ini ketka belum menikah nih, karena agak asal kalau makan sahur dan berbuka hehehe, tapi sudah ditinggalkan koq hal yang memperburuk kesehatan dan hanya terasa manis dilidah saja.

Layanan Kesehatan Halodoc untuk Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

Kalau menurut mamih penting juga selain menjaga makan dan kinum serta pola tidur juga menjaga nafsu, emosi serta hati. Kebetulan pertama kali mencoba aplikasi Halodoc mamih konsultasi dengan psikiater terkait gejala depresi. Ketika konsultasi mamih jadi mengerti dan lebih menjaga sikap kepada orang-orang disekitar lingkungan dan lebih sadar akan bahaya depresi.

menjaga kesehatan bulan ramadhan halodoc
Kegiatan tidak terganggu ketika badan fit dan sehat

Nah ternyata mudah membuat janji konsultasi melalui Halodoc dan memberikan kemudahan akses kesehatan agar tertangani lebih cepat dan mendapatkan solusi yang juga tepat. Jadi apa saja sih yang ada didalam aplikasi Halodoc serta fitur andalannya ?

Halodoc memiliki komitmen seperti yang disampaikan oleh Felicia Kawilarang, Vice President Marketing Communications Halodoc, untuk dapat menyediakan akses kesehatan yang mudah dan nyaman digunakan. Layanan yang bersifat preventif dan kuratif ini dimaksudkan untuk mendukung masyarakat agar tetap fokus dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Halodoc merupakan layanan berbasis online yang telah hadir kurang lebih selama 3 tahun, layanan kesehatan Halodoc dilengkpai dengan fitur :

  • “ Talk to a Doctor” yang memudahkan pengguna untuk berkonsultasi dengan 150 dokter umum, 15 dokter ahli gizi dan juga 50 dokter spesialis kandungan.
  • Salah satu layanan yang menjadi favorit mamih adalah “ Buy Medicines” yang merupakan layanan apotek antar dan memudahkan pengguna dalam membeli obat gak pakai repot lagi kalau keluar rumah.
  • Selain itu selama ngabuburit juga ada manfaat ketika membaca artikel kesehatan yang disediakan oleh Halodoc sehingga dapat mempermudah masayarakat di Indonesia dalam mengakses fasilitas kesehatan selama bulan Ramadhan.

Ada diskon menarik yang diberikan Halodoc yaitu cashback 20% bagi pembelian produk kesehataan melalui layanan “Buy Medicines” dengan metode pmbayaran menggunakan GO-PAY sampai 20 Mei 2019.

 

menjaga kesehatan bulan ramadhan halodoc
Aplikasi Halodoc dengan fitur yang membantu masyrakat

 

Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

Saat event media gathering bersama Halodoc hadir pula Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK yang memberikan 5 tips dalam memilih makanan saat puasa khususnya sahur agar tubuh tetap bugar.

  • Pilih hidangan sahur dengan komposisi gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Utamakan karbohidrat kompleks agar dapat melepaskan energi seara perlahan selama puasa. Komponen makanan yang seimbang juga dapat mengoptimalkan kondisi tubuh yang terdiri dari 50-60% karbohidrat, 15-20% protein, dan 20-25% lemak.
  • Cukupi kebutuhan cairan dan zat besi saat sahur dapat membantu distribusi oksigen tetap terjaga selama berpuasa, sehingga tubuh akan terasa lebih bugar, tidak mudah lemas dan mengantuk.
  • Untuk mengurangi rasa haus, hindari gorengan dan hidangan yang mengandung banyak garam. Makanan yang digoreng akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu naiknya asam lambung.
  • Hindari konsumsi makanan manis yang berasal dari karbohidrat sederhana berlebih saat sahur, karena akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Sebaiknya pilih makanan manis yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti sayur, buah dan umbi-umbian.
  • Biasakan untuk berolahraga selama puasa. Latihan ringan sebelum atau sesudah berbuka puasa dengan durasi pendek dan intesitas lebih rendah akan membantu kebugaran tubuh selama ramadhan

Bersama Zivanna Letisha yang merupaka seorang publik figur dan juga seorang ibu sangat terbantu dengan layanan dari Halodoc, apalagi artikelnya juga di tulis dengan sejumlah hal yang diteliti sehingga informasinya valid. Karena banyak kan informasi tidak benar seputar kesehatan dan bahaya bila masyarakat menerima informasi yang salah.

 

yuk menjaga kesehatan bulan ramadhan halodoc
Diskusi kesehatan bersama Halodoc

Menggunakan aplikasi Halodoc,  Zivanna juga bisa konsultasi serta termotivasi untuk menjalankan hidup sehat, ia mengaku sehari-hari menjaga kesehatan dengan cukup menjaga pola makan bersama suami, sesekali sulit sih menahan “cheating” sewaktu berbuka puasa tetapi mengingat demi kesahtan dan jadwal yang padat kami mengikuti anjuran yang tepat untuk mementingkan asupan nutrisi agar tidak mudah jath sakit.

Sepertinya mamih juga tidak jaug dengan Zivanna, walaupun tergoda dan lapar mata mamih berusaha untuk mengingat kembali bahwa sehat itu berkah untuk lebih banyak melakukan hal yang bermanfaat. Kalau sudah jatuh sakit kan jadi terganggu aktifitasnya, apalagi sebagi seorang Ibu juga memiliki tanggung jawab dalam merawat rumah serta anak walaupun suami juga sebagai mitra selalu saling melengkapi. Ketika suami ada kesibukkan pekerjaan Halodoc dapat memberikan layanan untuk mempermudah pekerjaan Ibu-ibu dirumah dengan fitur yang dijelaskan seperti konsultasi kesehatan, pembelian obat dan juga artikel yang informatif.

Aplikasi HAlodoc bantu menjaga kesehatan bulan ramadhan
Unduh Aplikasi HAlodoc untuk Kemudahan Akses Kesehatan

Semmoga dengan berbagai pengetahuan dan kecanggihan teknologi dapat juga membuat masyarakat dapat terbantu untul lebih fokus menjalankan ibadah, menjaga kesehatan karena sehat itu berkah.

Spread the love

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *