Anjuran Selama Berpuasa Untuk Penderita Maag

tepung melinjo genetron
tepung melinjo genetron

Amankah Berpuasa Untuk Penderita Maag ?

Puasa di bulan Ramadan merupakan sebuah bentuk ibadah wajib bagi seluruh umat muslim. Selama kurang lebih 30 hari tidak hanya menahan untuk makan dan minum tetapi menahan hawa nafsu dan tetap menjaga kesabaran dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Kalau mamih ingat mulai usia 6 tahun belajar untuk mulai berpuasanya dan sudah mulai terbiasa ditahun-tahun berikutnya. Godaan akan semakin besar ketika usia terus bertambah dan mulai banyak kegiatan yang memang biasa dilakukan setiap harinya.

Saat menjadi seorang Ibu tentu harus menyiapkan keperluan sahur dan berbuka bersama pasangan, walau tetap bertanggung jawab dengan pekerjaan lainnya dan fokus kepada kreativitas memberikan pendidikan untuk si Kecil dirumah. Kalau dulu bisa banyak gegoleran dan tidur puas sekarang mungkin maksimal 6 jam baru bisa tidur dengan lelap.

Menuju kesegaran pagi hari hingga petang mamih sudah mulai menjaga kondisi tubuh mulai dari memperhatikan konsumsi makanan, cukup minum, olahraga ringan dan pola tidur yang baik.

Untuk Mamih mungkin tidak terlalu memiliki masalah kesehatan ketika menjalani puasa, tetapi bagi papih yang memiliki gejala sakit maag dan pernah merasakan sakit maag, selama berpuasa ada anjuran untuk mengkonsumsi makanan tertentu agar sakit maag tidak mengganggu selama berpuasa.

Berpuasa bagi penderita maag akan membantu untuk makan teratur dan perlu diperhatikan ketika mamih menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka dan memilih olahan tertentu untuk dikonsumsi.

Berpuasa untuk penderita maag akan lebih baik,” jelas Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, konsultan saluran pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang mamih temui dalam Blogger Gathering yang berlokasi di Kalcare Lotte Shooping Avenue, Jakarta.

Ada beberapa saran dan masukan yang baik dijalankan saat berpuasa untuk penderita maag, dan akan mamih rangkum selanjutnya, agar menjadi pengingat mamih juga nih ketika memberi informasi kepada papih tips berpuasa untuk penderita maag.

Tips Berpuasa Untuk Penderita Maag

H2 Health & Happiness beserta beberapa narasumber menyelenggarakan diskusi kesehatan bertema ”Manfaat (lain) Dibalik Puasa”. Narasumber yang akan hadir ada 3 orang diantaranya dr Liza (dokter kecantikan dan anti aging dari Klinik Estetiderma), dr Ari Fachrial SpPD (dokter gastroenterology dari FKUI RSCM) serta dr Claudia Anggi (Medical PT Kalbe Farma Tbk).

tips berpuasa untuk penderita maag
Tips berpuasa untuk penderita maag

Dijelaskan pula yang mamih baru banget tahu nih, mengenai manfaat puasa dalam medis yang ternyata memberikan banyak efek positif dalam tubuh secara psikologis maupun fisik. Manfaat lain dari berpuasa tentunya adalah berkaitan efek detoksifikasi dengan cara mengeliminasi atau menetralkan toksin yang dihasilkan di proses biokimia di setiap organ seperti ginjal, paru, hati, usus maupun di kulit.

Kalau puasa sering lemas itu tandanya konsumsi makanan saat sahur dan berbuka mungkin tidak dibarengi dengan gizi seimbang. Hayo siapa yang masih buka puasa dengan es dan gorengan, memang asik dan segar, tapi ada efek yang kurang baik ketika langsung mengkonsumsi gorengan atau es ketika perut kosong sekian lama.

Padahal justru efek detok ketika berpuasa membantu menyeimbangkan tubuh loh, eliminasi atau netralisasi toksin ini bermanfaat untuk menjaga tubuh lebih sehat kembali sehingga bisa mengurangi efek negatif yang sebelumnya ada.

Baca Juga : Suka Minum Kopi ? Ini Solusi Sakit Maag

 

Cermati lagi ketika berpuasa untuk penderita maag, yang perlu diperhatikan ketika berpuasa sehari (14 jam) atau bahkan lebih dari 24 jam, maka kondisi lambung kosong tanpa makanan yang di cerna. Pada kondisi perut kosong, lambung akan memproduksi asam lambung yang bisa merusak dinding lambung atau dihasilkan gas yang ditandai dengan kembung.

tablet h2 zativa bermanfaat dalam berpuasa untuk penderita maag
Tablet H2 Zativa bermanfaat dalam berpuasa untuk penderita maag

Tapi tidak semua penderita maag diperbolehkan berpuasa. Dr Ari menjelaskan penderita sakit maag bisa berpuasa, kecuali yang mengalami dispepsia (sakit maag) organik yang belum diobati terutama jika ada tanda alarm.

Sakit maag dibagi menjadi dua kategori, yaitu maag fungsional dan  organik. Maag fungsional terjadi jika penderitanya makan tidak teratur, makan makanan berlemak, minuman bersoda, kopi, stres dan merokok, tanpa ada kerusakan berarti di dalam lambung.

Sedangkan maag organik terjadi karena adanya sesuatu yang tidak normal di dalam lambung, seperti tukak lambung, tukak usus duabelas jari, GERD (Gastroesophageal reflux disease), polip atau kanker di kerongkongan, usus duabelas jari dan lambung

Perhatikan pemilihan makanan, Orang dengan kondisi maag, makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung gas seperti soda, durian, sayur-sayuran seperti kol, kubis, dll., makanan beralkohol, asam seperti lemon, jeruk, serta makanan pedas dan berminyak. Pada saat sahur atau berbuka juga disarankan untuk menghindari makanan tersebut bagi orang yang mengalami sakit maag.

Perhatikan gejala maag yang timbul, karena kondisi maag yang tidak ditangani dengan baik, maka beresiko terjadi serangan akut lebih sering dan yang lebih fatal adalah perdarahan lambung akibat lesi lambung/luka. Ada juga kondisi yang orang sering juga alami tapi tidak terdeteksi seperti heart burn atau GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) yang dirasakan nyeri di ulu hati/dada dan orang sering menyangka seperti serangan jantung.

Padahal kondisi tersebut terjadi di lambung bagian atas dan berhubungan dengan kerongkongan (esofagus).

Konsultasi dan obati Ketika orang mengalami gangguan maag yang sering kambuh, maka pilihannya adalah berobat ke dokter dengan obat (antasida atau penghambat produksi asam lambung), namun banyak orang juga sudah beralih kepada bahan-bahan herbal yang sudah tersedia sangat banyak di alam ini. Misalnya saja kunyit, jinten hitam, pisang, cincau, lidah buaya dan lain-lain.

tepung h2 genetron
tepung h2 genetron

Beberapa kegiatan secara normal hampir sama, tetapi lebih kepada menjaga asupan makanan dan jangan lupa mengkonsumsi obat bagi penyakit maag yang sudah parah sesuai anjuran dokter. Untuk menghindari gejala maag kambuh bisa mengkonsumsi herbal yang alami. Berpuasa untuk penderita maag bisa tetap melakukan :

1. Tetap melaksanakan sahur dan buka puasa
2. Tetap minum obat bagi yang berpenyakit kronis
3. Tetap melakukan ibadah salat tarawih
4. Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan
5. Banyak minum air waktu buka sampai sahur
6. Jumlah tidur yang cukup, tidak berlebihan.

Mengkonsumsi kurma, dan lebih banyak mengolah sayur-sayuran serta buah-buahan untuk sahur dan berbuka akan lebih baik menutrisi tubuh. Jangan lupa tetap ingat pedoman umum gizi seimbang serta sebaiknya perhatikan olahan makanan lebih baik dikukus atau direbus daripada menggoreng.

herbal alami h2 celebrate life
Herbal Alami H2 Celebrate Life

Bila mencoba cara herbal bisa mengkonsumsi tablet Zativa, yang sudah mamih berikan kepada papih saat ini. H2 Zativa mengandung ekstrak jinten hitam (niggela sativa/habbatussaudah), kunyit (curcuma domestica), dan temulawak (curcuma xanthoriza) yang bermanfaat untuk mencegah kekambuhan gejala dyspepsia/maag seperti mual, kembung, nyeri lambung.

Ekstrak jinten hitam mengandung zat aktif thymoquinone sementara temulawak dan kunyit mengandung zat aktif curcumin.

Kombinasi ini dalam H2 Zativa bekerja dengan mekanisme anti flatulen (menghilangkan kembung) dengan cara memecah gelembung gas di lambung menjadi lebih kecil dan mudah di keluarkan, mucosa protection (melindungi dindin lambung) dengan cara meningkatkan produksi musin/lendir yang melapisi dinding lambung.

Selain berbagi tips mengenai berpuasa untuk penderita maag, juga menyampaikan bagaiamana merawat kulit dan kondisi tubuh agar tetap sehat dan segar selama berpuasa.

Mulai pilihan makanan dengan olahan yang baik, tentu juga memilih bahan makanan dengan kandungan nutrisi serta gizi yang diperlukan bagi tubuh.
Ketika kesempatan untuk makan tidak terlalu banyak waktu, hindari makanan yang mengandung banyak minyak, gas berlebih, terlalu pedas dan asam.

Manfaat lain yang dimaksud adalah perubahan fisiologis yang terjadi di dalam tubuh ketika berpuasa yang dikaitkan dengan manfaat mencegah penuaan dini (awet muda) serta bagaimana puasa bisa lancar ketika lambung dijaga tetap nyaman terutama bagi penderita maag.

Manfaat terhadap pencegahan penuaan dini berhubungan dengan produk H2 Genetron yaitu antioksidan – Resveratrol – yang diperoleh dari ekstrak biji melinjo (bahasa latin gnetum gnemon). Kandungan resveratrol ini ditemukan dan diteliti oleh perusahaan HOSODA, Jepang selama lebih dari 10 tahun.

puding tepung melinjo
Puding Tepung Melinjo

Biji melinjo diambil dari hasil pertanian lokal Indonesia di Yogyakarta yang kemudian dengan kemampuan teknologi tinggi mendapatkan kadar resveratrol dalam jumlah tinggi (20%). Ekstrak biji melinjo ini dikenal dengan zat aktif GNETIN C yang secara penelitian bisa mempengaruhi suatu reseptor spesifik di tubuh yaitu SIRT 1 (sirtuin) yang berkaitan dengan kesehatan tubuh terutama organ-organ utama tubuh seperti di jantung untuk menurunkan inflamasi dan meningkatkan proteksi jantung, di otak untuk menurunkan faktor degeneratif sel otak, di jaringan adipose (lemak) bisa mempercepat lipogenesis (pemecahan lemak – weight loss), di pancreas untuk meningkatkan produksi insulin, dll.

Mamih dan Babam ketika dirumah coba langsung mempraktekkan untuk membuat hidangan berbuka puasa dengan tepung melinjo.

Tonton Babam Membuat Puding Melinjo

 

 

Saat ini H2 Health & Happiness memiliki 2 varian sediaan dengan kandungan bahan biji melinjo (gnetum gnemon) ini yaitu H2 Genetron Kapsul dan H2 Genetron Tepung.

H2 Genetron kapsul dibuat melalui proses ekstraksi berteknologi tinggi dari tepung biji kering menggunakan etanol untuk menghasilkan resveratrol 20% (dalam 100 mg ekstrak). Dikonsumsi 1 kapsul sehari pada pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga awet muda. Resveratrol memiliki kadar ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) lebih tinggi dibandingkan Astaxanthin, serta 100x dibandingkan vitamin C & E.

Sementara H2 Genetron Tepung diproses dengan mengeringkan biji melinjo dan diproses menjadi tepung dengan ukuran partikel yang halus. Tepung Genetron mengandung antioksidan alami resveratrol serat pangan, protein, mineral (magnesium, fosfor, dll), dan 0 g gula, serta sebagai alternatif untuk orang yang alergi terhadap gluten (free gluten) seperti anak autis.

Membuat puding tepung melinjo
Membuat puding tepung melinjo

Beberapa kandungan nutrisi pada Tepung Genetron lebih tinggi bila dibandingkan dengan kandungan nutrisi pada tepung lain, seperti misalnya kandungan serat 6x lebih tinggi daripada tepung terigu, kandungan protein 2x lebih tinggi daripada tepung almond, dan beberapa kandungan nutrisi lainnya. Bisa diolah untuk berbagai jenis makanan olahan seperti cookies, kue, brownies, roti, serta yang resep simple adalah dicampur dengan yogurt atau susu.

produk h2 celebrate life
Produk H2 Celebrate Life

Saat Babam membuat puding dari tepung melinjo ia sangat senang sekali, dan ketika dicoba rasanya juga enak, duh jadi makin favorit nih tepung melinjo genetron yang bisa langsung disajikan menurut selera.

Senang sekali mengikuti sharing session yang menambah pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk mamih serta keluarga. Mamih juga termotivasi untuk meningkatkan lagi pola hidup sehat yang diterapkan kepada seluruh keluarga.
Sampai jumpa di cerita sehat selanjutnya yah.

 

Info lengkap

Website : https://www.h2celebratelife.com

Instagram : @h2celebratelife

 

 

Foto by : Uchy Sudhanto

 

 

Spread the love
20 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *