7 Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Jangan Sampai Tertipu Dalam Memilih dan Membeli Mobil Bekas

memilih dan membeli mobil bekas
Memilih dan membeli mobil bekas

 

“ Asoy geboy ngebut dijalanan Ibu Kota “

Hayo ada yang inget ini lagu siapa?, duh jadi nostalgilak sama sendu dan khas performa band Naif yang sampai saat ini masih asik lagu-lagunya untuk dinikmati. Mamih jadi mengingat ketika belajar pegang setir sewaktu SMA, dan kabar menyedihkannya sampai sekarang masih pegang aja belom bisa membawa mobil sendiri.

Untuk persoalan mobil memang mamih bukan jagonya, dan beruntung bisa ketem sama pasangan yang dulunya pernah akrab dengan oli atau segala perkakas mobil, jadi ketika di jalan mogok yowes woles aja bisa tenang dan di ketuk-ketuk bisa nyala lagi ajaib toh. Keuntungannya lagi bila berurusan dengan kendaraan roda dua maupun empat papih bisa kurang lebih mengerti dan paham karena memang pengetahuan ini bisa sangat membantu dalam perjalanan, bukan buat modusin kaya film si Doel hihi.

Memilih dan membeli mobil jadi bisa ada yang diajak berdiskusi dan meminimalisir terkena tipu-tipu, duh paling di hindari banget. Jadi teman-teman juga ada yang beberapa tanya sama papih ketika mau membeli mobil baru atau setidaknya ada rekomendasi apa nih ketika akan membeli mobil baru, seakan papih ini Juan Pablo Montoya.

Mungkin nanti kalau Babam bercita-cita jadi pembalap kaya Montoya ya papih bisa memberikan masukan-masukan untuk dirinya, dan Babam udah punya SIM loh ketika usia 4 tahun, iyap SIM untuk mengendarai mobil maianan hahaha. Sebenarnya mamih juga tidak terlalu memusingkan apakah wajib memiliki kendaraan pribadi atau tidak, karena mamih sudah terbiasanya dengan transportasi umum.

    cara memilih mobil bekasMemilih Mobil Bekas

Tapi ada jalan kehidupan yang berkata lain ketika Babam memiliki diagnosa GBE IQ Very Superior dan harus bolak-balik Jakarta – Bandung untuk terapi tiap minggunya kendaraan pribadi akan sangat membantu sekali. Apalagi ketika naik transportasi umum Babam belum bisa kooperatif, misalnya tantrum ketika pintu kereta terbuka dan tertutup, kepadatan isi transportasi umum, untuk anak dengan tipe Babam atau berkebutuhan khusus transportasi di Indonesia bisa dibilang belum ramah.

Selain itu kami sekeluarga juga hampir 3 waktu dalam setahun untuk pergi ke kampung halaman di Jatisrono, bawa Babam naik bus atau kereta selama belum kooperatif akan menggangu para penumpang lain, dan solusinya memang menggunakan kendaraan pribadi. Dalam waktu mendekati hari raya seperti ini terjadi peningkatan dalam jumlah pembelian mobil bekas yang tentu saja masih layak pakai dan berkualitas. Peningkatan ini juga menjadi ladang bagi oknum-oknum yang nakal untuk memainkan kelicikannya dalam menjual mobil bekas. Supaya teman-teman jauh dari hal-hal buruk tersebut dibawah ini akan dijelaskan kiat memilih dan membeli mobil bekas, yang mamih rangkum dan semoga bermanfaat.

Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas

Teliti sebelum membeli adalah kunci utama dalam memilih dan membeli mobil bekas yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain harga yang pas, keamanan dan kenyaman juga menjadi faktor utama dalam memilih dan membeli mobil bekas, selanjutnya simak tips berikut :

• Kenali Latar Belakang Mobil
Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, sebaiknya lakukan sederet pertanyaan agar memudahkan dalam negoisasi harga juga mengetahui bagaimana kualitas mobil bekas yang akan dibeli. Bisa menelaah dengan beberapa pertanyaan seperti, Kapan mobil dibeli? Kemana saja mobil sering digunakan? Sejauh apa jarak tempuh mobil? Apakah mobil dipakai pribadi atau untuk usaha? Bagaimanan perawatan dan service yang dilakukan? Apakah mobil pernah mengalami kecelakan? Apa saja Spare Part yang pernah diganti? Dan tentu saja alasan mobil tersebut dijual.
Agar lebih yakin bisa mengajak seseorang kerabat atau teman yang sudah mengerti dengan kondisi mobil jadi akan lebih banyak diskusi dan menjangkau lebih detail lagi performa dari mobil yang akan dibeli

• Periksa Bodi Mobil
Untuk melihat kondisi mobil selanjutnya mulai dari bagian bodi mobil, harus sangat teliti lagi menijau bodi mobil secara keseluruhan. Mulai dari Ban apakah masih bagus atau sudah mulai menipis, menghindari untuk mengeluarkan uang ketika harus mengganti Ban nantinya. Cek bagian platfon mobil, biasanya yang masih tebal lebih bagus dalam melindungi pengendara dalam suhu udara terutama di siang hari. Perhatikan bagian cat mobil, apakah ada goresan, penyok atau bekas dempulan. Mulai dari bagian depan, samping, atas dan belakang. Tentu saja meminta ijin terlebih dahulu sebelum memeriksa lebih lanjut kualitas mobil bekas yang akan di beli.

• Cek Bagian Mesin Mobil
Kalau ini mamih sih serahin pada ahlinya, hahaha kalau papih biasanya pertama menanyakan kondisi dari mesin mobil bekas yang akan dibeli. Memilih dan membeli mobil bekas bukanlah suatu hal yang mudah juga murah jadi memang benar-benar diperiksa secara menyeluruh agar dikemudian hari tidak kecewa.

• Perhatikan Bagian Dalam Mobil
Keika sudah merasa cukup dengan bagian luar mobil, maka pemeriksaan dilanjutkan ke bagian dalam. Jok menjadi perhatian pertama, apakah ada sobekan, lubang atau kerusakan lainnya.Pada kondisi berhenti, periksa kondisi lampu-lampu yang ada. Hal ini termasuk sensor parkir, kamera parkir, sistem audio dan sebagainya.

Periksa jarak tempuh menjadi hal penting karena menandakan usia mobil. Biasanya pada kondisi normal, rata-rata jarak tempuh mobil 16.000-24.000 km setiap tahunnya. Jangan lupa juga untuk meneliti kembali aksesoris pada mobil, dan pastikan angka yang tertera jarak tersebut adalah angka yang benar atau tidak dimainkan sebelumnya.

• Cermati Kelengkapan Surat Kendaraan dan Auransi
Salah satu bagian yang terpenting dan tidak boleh dilewatkan, memperhatikan surat-surat kendaraan saat membeli mobil. Pastikan mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Pembeli wajib memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

Kalau melihat mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan di beli memiliki asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Ketika sudah lengkap dan jelas akan memudahkan untuk proses selanjutnya dalam mengganti nama dan kepemilikan.

• Lakukan Test Drive
Memilih dan membeli mobil bekas berkualitas juga dapat mencoba mengendarai mobil itu atau test drive. Dengan mengendarai mobil tersebut, akan memudahkan dalam memeriksa kenyamanan dan keadaan rem, yang menjadi salah satu komponen paling penting sebuah mobil.
Ketika menginjak rem pada kecepatan 50 Km/jam, seharusnya tidak ada getaran pada pedal rem atau terdengar bunyi mendecit. Menentukan performa mobil juga menjadi sebuah hal yang dipikirkan dalam menentukan harga nantinya.

• Menggunakan Jasa Terpercaya
Kalau tidak mau repot biasanya gunakan jasa terpercaya atau membeli di tempat yang sudah adanya jaminan bahwa mobiltersebut memiliki kualitas yang baik. Tentu saja bisa juga mendapatkan manfaat dengan oenambahan asuransi pada mobil yang dibeli. Salah satu jasa terpercaya adalah Mobil 88 Astra, karena ada 5 tahap yang dilakukan untuk mengecek lebih mendalam terhadap mobil yang ditawarkan di Mobil 88. Konsumen juga dapat berkonsultasi dan bisa membeli mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja menimalisir tindak penipuan karena sudah merupakan tanggung jawab dari Mobil 88.

Keuntungan Memilih dan Membeli Mobil Bekas

tips memilih mobil bekas
Aris Harvenda, redaksi otomotif KCM

Mas Aris Harvenda sebagai redaksi dari Kompas Otomotif juga menjelaskan beberapa keuntungan dalam membeli Mobil Bekas dalam acara Blogger Gathering bersama Mobil 88. Berikut penjelasannya :

• Proses pembeliannya cenderung lebih cepat dan Mudah
• Harga terjangkau dan kompetitif
• Pilihan mobil bervariatif sesuai keinginan calon pembeli (model, tipe dan tahun)

tips membeli mobil bekas
Bapak Halomoan Fischer, presiden direktur Mobil88

Dalam kesempatan itu pula Presiden Direktur dari Mobil 88, Bapak Fischer memberikan kemudahan kepada konsumen dengan memilih dan membeli mobil bekas di Mobil 88 dengan jaminan kualitas mobil juga surat-surat yang terpercaya, selain itu akan dibantu juga dalam proses pindah nama dan dokumen yang diperlukan. Karena proses dan pembelian di Mobil 88 sudah diperiksa sebelumnya dan pembeli bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan untuk memilih dan membeli mobil bekas dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

alur membeli mobil bekas
alur membeli mobil bekas

Flow Proses Unit ( Sampai diterima oleh konsumen)
• Cek fisik pra pembelian
• Cek dokumen
• Cek pasca pembelian ( final estimasi perbaikan)
• Perbaikan bodi dan quality control body
• Perbaikan menyeluruh dan quality control general repair
• Salon mobil dan quality control salon
• Display dan penjualan
• Final cek pra delivery

Dengan adanya pengarahan dan uji kualitas dari Mobil 88 diharapkan pembeli akan mendapatkan kepuasan serta kenyaman dalam menggunakan mobil yang sudah dibeli. Mobil88 adalah dealer mobil bekas yang merupakan anak usaha PT Astra International. Mobil88 menjual berbagai merk dan tipe mobil bekas yang berkualitas. Setiap customer dapat membeli mobil bekas berkualitas dengan jaminan garansi buyback. Semua mobil yang dijual di mobil88 terjamin:

• Semua dokumennya asli
• Bebas kecelakaan
• Bebas banjir
• Nomor chassis dan mesin yang sesuai dengan dokumen
• Kondisi odometer terjamin (tidak diputar)

beli di mobil88 bangak untungnya
beli di mobil88 bangak untungnya

Untuk yang mau mendapatkan keuntungan memilih dan membeli mobil bekas untuk mudik lebaran bisa menangkan cashback Rp14,39 juta kalau beli mobil selama event berlangsung diperiode tertentu. Saat Ramadan & Lebaran Untung kamu juga bisa dapat cashback Rp1.439.000 dan voucher belanja atau e-toll card senilai ratusan ribu rupiah. Mau kan?

Caranya cukup mudah, datang ke cabang mobil88 terdekat di kotamu dan pilih mobil yang cocok untuk mudik bersama keluarga.

Syarat dan ketentuan
• Event Ramadan & Lebaran Untung ini diselenggarakan secara serempak di seluruh cabang mobil88 tanggal 25 Mei – 30 Juni 2018.
• Pemenang akan ditentukan melalui undian.
• Program berlaku untuk pembelian mobil secara kredit.

Kalau beli mobil di mobil88, kamu akan mendapatkan jaminan buyback guarantee dan layanan after-sales. Untuk setiap pembelian mobil, bisa dapat dengan syarat tertentu yakni free service 1 tahun, free insurance, atau free car detailing*. Saat ini mobil88 telah memiliki 21 cabang di sembilan kota besar: Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Balikpapan, Medan, Pekanbaru, dan Palembang. Jadi tidak perlu lagi ketika memutuskan untuk Beli mobil bekas berkualitas dengan info lebih lanjut di Mobil88.

Spread the love
33 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *